Inilah 10 Ketua Parpol di Aceh Gagal Terpilih

Sebanyak sepuluh ketua partai politik (parpol) di Provinsi Aceh, baik partai nasional maupun partai lokal yang maju sebagai Caleg dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu, terpaksa harus menelan pil pahit karena gagal terpilih sebagai anggota dewan baik untuk tingkat DPR-RI maupun DPR Aceh.

Berdasarkan hasil perolehan suara yang telah direkap Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk DPR-RI dan DPRA, kegagalan meraih kursi disebabkan tidak cukupnya perolehan suara yang diraih partai mereka dan ada juga karena kalah suara dengan caleg sesama partai.

Ke-10 ketua partai yang gagal meraih kursiwakil rakyat itu, tujuh di antaranya untuk tingkat DPR-RI masing-masing Ketua DPD Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil,yang berada di nomor urut 2 dengan hanya meraih 20.674 suara sehingga kalah suara di Dapil Aceh 2 dengan caleg nomor urut 1, Zulfan Lindan yang meraih 23.748 suara.

Ketua DPD PDI Perjuangan Aceh, Karimun Usman yang berada di nomor urut 1 hanya meraih 10.078 suara kalah dari caleg nomor urut 6, Tagore Abubakar yang meraih 64.159 suara di Dapil Aceh 2.

Ketua DPD Partai Gerindra Aceh, TA Khalid yang berada di nomor urut 7 hanya meraih 25.863 suara, sehingga kalah suara dengan caleg nomor urut 6, Fadhlullah (Dek Fad) yang memperoleh 63.872 suara di Dapil Aceh 1.

Ketua DPD Partai Demokrat Aceh, Ir.Nova Iriansyah nomor urut 2 hanya 34.144 suara kalah bersaing caleg nomor urut 1, Teuku Riefky Harsya yang meraih 65.851 suara di Dapil Aceh 1.

Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN), Anwar Ahmad nomor urut 1 hanya meraih 34.118 suara, sehingga kalah dari caleg nomor urut 2, Muslim Ayub 47.035 suara di Dapil Aceh 1.

Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Aceh, Faisal Amin yang merupakan caleg incumbent, gagal menuju Senayan karena partainya kekurangan suara untuk tingkat DPR-RI di Dapil Aceh 1.

Ketua DPD Partai Hanura Aceh, Syafruddin Budiman juga gagal meraih kursi DPR-RI akibat perolehan suara partainya kalah dengan partai lain.

Sedangkan tiga ketua partai yang gagal meraih kursi di DPRA adalah Ketua DPW PBB Aceh, Erly Hasyim, Ketua PKPI Aceh, Indra Azmi, dan Ketua DPP Partai Nasional Aceh (PNA), Irwansyah yang berada di nomor urut satu hanya meraih 3.458 suara, kalah dari caleg nomor urut 3, Darwati A.Gani (istri mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf) yang meraih 7.036 suara di Dapil 1 Aceh.

Sementara empat ketua partai yang berhasil meraih kursi adalah Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aceh, Ghufran Zainal Abidin untuk kursi DPRA, Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Aceh, Irmawan untuk kursi DPR-RI, Ketua DPD Partai Golkar Aceh, Sulaiman Abda dan Ketua Partai Damai Aceh (PDA), Muhibbussabri AW untuk DPRA.(analisa)

Berita Terkait

Berita Terbaru