Covid-19 Semakin Ganas di Banda Aceh, Walikota Minta Masyarakat dan Perkantoran Perketat Protkes

0
66
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh mencatat, kasus kematian akibat Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 mencapai angka 15 orang pada Senin (31/05/2021), atau yang tertinggi sejak pandemi covid-19 di Aceh.

Dari 15 Pasien Covid-19 yang meninggal itu, enam diantaranya merupakan warga kota Banda Aceh, atau yang terbanyak dibandingkan daerah lainnya. Selain itu Kota Banda Aceh juga mencatat penambahan kasus tertinggi di Aceh hampir setiap harinya. 

Misalnya pada Senin (31/05) Banda Aceh mencatat 58 kasus dari total 116 kasus di seluruh Aceh, begitu juga pada Minggu (30/05) Banda Aceh mencatat 84 kasus dari total 270 kasus di seluruh Aceh. Sementara pada Sabtu (29/05) lalu kasus di Banda Aceh mencapai 90 kasus dari 293 orang yang terinfeksi virus covid-19 di Aceh.

Melihat kondisi tersebut, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta seluruh perkantoran wilayah kerja di Banda Aceh menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Aminullah menuturkan, hal tersebut berdasarkan Perturan Gubernur (Pergub) yang meminta setiap daerah menegaskan sanksi bagi yang melanggar prokes, mengingat tingginya peningkatan kasus positif belakangan ini.

“Kita minta perkantoran di wilayah kerja Banda Aceh untuk berlakukan prokes secara ketat. Semuanya kita harap mendukung perwal 51 tahun 2020 tentang pelaksanaan prokes,” kata Aminullah.

Aminullah mengungkapkan, angka penularan Covid-19 di ibukota Provinsi Aceh kian meningkat. 

“Angka positif (Covid 19) menunjukkan tren meningkat dalam dua bulan terakhir. Banda Aceh adalah daerah tertinggi penularannya di Aceh,” ungkapnya.

Untuk itu, Aminullah berharap instansi perkantoran menerapkan prokes secara maksimal, terlebih bidang pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Seperti kantor yang menyediakan layanan bagi masyarakat, tolong dikawal agar benar-benar menerapkan prokes,” tegasnya.

Aminullah mengharapkan, dengan demikian maka akan mampu meminimalisir penyebaran virus mematikam tersebut.

“Secara vertikal (pemerintahan) kita upayakan terus agar Covid 19 cepat berlalu. Namun, kepatuhan masyarakat terhadap prokes juga aspek yang sangat menentukan berakhirnya pandemi ini,” pungkasnya. 

Selanjutnya Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman juga tak henti-hentinya mengingatkan warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Mohon kepada semuanya agar bersabar dengan keadaan, bukan keinginan kita untuk membatasi segala bentuk kegiatan. Namun, kita tak ingin hal yang tak diharapkan terjadi,” ujar Aminullah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.