Ekses Gempa, Warga Tiga Desa Akan Direlokasi

0
75
Salah satu rumah ibadah di Gelumpang payung Kecamatan Kute Panang Aceh Tengah Rusak akibat gempa

Pemerintah Aceh bersama dengan pemerintah Kabupaten Aceh Tengah bersepakat untuk merelokasi warga di tiga desa korban gempa bumi di kabupaten Aceh tengah.

Ketiga desa tersebut masing-masing desa Serempah dan desa Bah kecamatan Ketol Aceh Tengah dan desa Kute Panang kecamatan Kute Panang.

Kepala Bapedda Aceh Abubakar Karim mengatakan saat ini pemerintah sudah mencapai kesepakatan dengan warga desa serempah dan kute panang sedangkan desa Bah masih negosiasi dengan warga, karena warga setempat enggan untuk pidah. Abubakar menjelaskan, pemerintah merelokasi warga tidak jauh dari tempat tinggalnya saat ini dikarenakan agar warga tidak terlalu jauh dengan tempat usahanya berupa perkebunan.

“yang sudah ok desa serempah dan kute panang sedangkan desa Bah masih negosiasi, namun pindah ini hanya titik rumahnya saja yang pindah, tapi lokasinya masih di daerah itu juga, karena desa disana kan luas-luas”lanjutnya.

Abubakar menambahkan alasan pemerintah memindahkan warga ditiga desa tersebut dikarenakan desa mereka saat ini sudah tidak layak huni, dikarenakan letaknya yang sudah terlalu dekat dengan jurang.

Abubakar menjelaskan jumlah kepala keluarga yang akan direlokasi diperkirakan mencapai 300 KK yang tersebar di tiga desa itu, masing-masing desa Serempah 96 KK, Desa Bah 80 KK dan desa Kute panang 100 KK lebih.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah berharap proses negosiasi dengan warga desa Bah bisa berjalan dengan baik sehingga warga bisa segera direlokasi ketempat yang lebih aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.