Anjongan Bireun Gelar Prosesi Adat Peutreon Aneuk

0
77
Prosesi adat peutreon aneuk di Anjungan PKA Kabupaten Bireun/Ist

Prosesi Adat Aceh “Peutreon Aneuk” (turun tanah anak bayi) yang digelar di Anjungan Seuramoe Bireuen pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VI, di komplek Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh Sabtu 29 September 2013. Menjadi puncak  prosesi adat Aceh dari sekian banyak pegelaran prosesi adat yang di gelar pada PKA tahun ini.

“Ini puncak kegiatan prosesi Adat pada Rumoh Aceh di anjungan seuramoe Bireuen” kata Wakil Bupati Bireuen, Ir. Mukhtar Abda MSi, yang turut menyaksikan secara langsung kegiatan tersebut.

Wakil Bupati mengaku, kegiatan tersebut sebagai bentuk partisipasi Pemkab Bireuen dalam menyukseskan setiap prosesi adat yang digelar disetiap anjungan di PKA VI, prosesi adat “peutreon aneuk” menjadi andalan dari Kabupaten Bireuen, memang Bireuen melakukan hal yang beda pada PKA, bila Anjungan Kabupaten lain melakukan prosesi pernikahan adat perkawinan, maka Bireuen melakukan prosesi peutreon aneuk” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MAA Bireuen, Drs. H. Faizin,  mengaku, kegiatan prosesi peutreon aneuk salah satu Adat Aceh yang sampai saat ini masih kental dilakukan oleh masyarakat”. Di Kabupaten Bireuen adat peutreon aneuk masih menjadi tradisi sampai saat ini. Akunya.

Faizin juga mengatakan, bahwa kegiatan prosesi adat “peutreon aneuk memang bukan satu kewajiban bagi pasangan yang memiliki anak bayi, akan tetapi kegiatan ini sudah menjadi tradisi yang terus dilakukan oleh masyarakat secara turun temurun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.