Tips Menikung yang Aman Buat Bikers

0
32

Menikung merupakan salah satu kemampuan penting yang wajib dimiliki seorang pengendara motor.

Menikung saat berkendara mungkin terlihat mudah namun bila kita tidak memahami teknik dasarnya serta gagal mengantisipasinya akan menimbulkan potensi bahaya.

Saat berkendara dijalan umum, lazimnya kita menggunakan salah satu teknik menikung yang dikenal dengan istilah “Lean With the Bike”, dimana sikap postur pengendara dan kendaraan berada pada posisi tegak lurus segaris dengan arahnya ujung roda depan.

Hal itu disampaikan Reza. N selaku Safety Riding Instructor dari Capella Honda Aceh.

Nah supaya lebih jelas berikut langkah langkah dalam proses cornering / menikung aman menggunakan teknik Lean With The Bike, hal ini bisa kita gunakan saat berkendara sehari hari.

  1. Pelan saat masuk
    • Sebelum menikung kurangi kecepatan dengan menggunakan kombinasi rem depan dan belakang, hal ini dilakukan untuk mencegah motor keluar dari jalur tikungan akibat kecepatan yang terlalu kencang sehingga berpotensi melebar dan juga terjatuh akibat penggunaan rem secara kuat ketika motor pada posisi miring.
  2. Melihat arah yang dituju
    • Saat akan memasuki tikungan segera lihat arah yang dituju, hal ini dilakukan untuk segera menemukan potensi bahaya dan kita dapat mengantisipasi kondisi tersebut sedini mungkin sebelum motor dalam posisi miring , yang tentu saja pergerakannya akan terbatas dan sedikit kesalahan baik dalam kontorl kecepatan atau penggunaan rem pada posisi ini akan berpotensi bahaya.
  3. Kontrol kecepatan
    • Saat motor pada posisi miring, jangan merubah kecepatan secara ekstrem karena berpotensi menggangu daya cengkarm roda belakang, sehingga dapat menyebabkan roda belakang keluar dari jalurnya dan menggangu keseimbangan ketika kita menikung.
  4. Gunakan rem belakang
    • Bila kita ingin mengurangi kecepatan ketika menikung, kami sarankan menggunakan roda belakang, hal ini ditujukan untuk mencegah terganggunya daya cengkram roda depan bila menggunakan rem depan untuk mengurangi kecepatan yang berpotensi menggangu keseimbangan sepeda motor dan dapat menyebabkan motor terjatuh.
  5. Tambah kecepatan
    • Saat akan keluar tikungan, untuk memposisikan motor kembali tegak kita perlu membuka gas untuk mendorong motor kembali keposisi tegak, tentu saja menambah kecepatan ini dengan cara perlahan tidak dihentak atau menambah secara ekstrem.
    Untuk kelima point diatas adalah tahapan yang perlu kita lakukan agar menikung jadi lebih aman, namun kita juga perlu melihat beberapa kondidsi lain sebelum menikung, seperti muatan kenderaan, kondisi ban, kondisi jalan, kondisi kenderaan , kualitas permukaan jalan, kondisi lingkungan dan hal lain nya yang berpotensi menjadi kurang aman.

Selalu gunakan helm & Jaket #Cari_aman saat naik motor.