Mengenal Lebih Dekat Syukri SYR Kopi Arabika Blend

Syukri

Pria bernama Syukri ini adalah salah satu pengusaha UMKM yang sukses dengan bisnis kopi. Sejak kecil dia sudah memiliki passion terhadap coffee industry.

Bisnis kopi dikenalnya melalui sang ayah yang merupakan seorang pebisnis kopi di Blang Mancung Kecamatan Ketol, Takengon. Ayahnya memiliki kebun kopi di Takengon, bisnisnya melebar hingga ke Bireun dan Medan. 

Pria kelahiran Merdu, 31 Juli 1974 ini memiliki empat saudara kandung. Tiga saudaranya berprofesi sebagai aparatur negara, sedangkan dia dan adik perempuannya mengikuti bisnis orangtua menjadi supplier kopi. 

Syukri memulai usaha kopi tahun 1998 di Takengon. Selain memiliki lahan kopi sendiri, dia juga mengambil peran sebagai pengumpul kopi. Kopi-kopi tersebut dijual hingga ke Medan, Sumatera Utara. 

Tahun 2001, Syukri hijrah ke Banda Aceh. Nama usaha UD (Usaha Dagang) SYR yang merupakan initial dari namanya menjadi salah satu supplier kopi Arabica dan Robusta terbaik di Banda Aceh. Berlokasi di Jl. Chairil Anwar No. 60, Peunayong, Kecamatan Kuta Alam. 

Pabrik pertama yang menjadi konsumen SYR adalah pabrik kopi Pen Tong dan pabrik kopi Atong. Dua pabrik ini beralamat di Keudah Belakang Kecamatan Kutaraja yang hancur terkena Tsunami Aceh tahun 2004. UD. SYR juga memasok kopi ke pabrik kopi Ketapang Dua, pabrik kopi Teungku Aceh, dan pabrik kopi Ulee Kareng. Kini, SYR tidak melanjutkan kerjasama dengan pabrik-pabrik kopi tersebut karena ketidakcocokan dan persaingan bisnis yang semakin ketat. 

Saat ini SYR menjadi supplier kopi untuk Solong Premium, Solong Cek Nawi Ulekareng, Cek Mi, Ata Kopi, Ayah Kupi, Lampineung Kopi dan beberapa yang lain. 

Tahun 2015, Syukri membuka outlate cafe ke dua SYR Kopi Arabica Blend. Letaknya berseberangan dengan outlate pertama, yakni di Jl. Chairil Anwar No. 11a Peunayong, Kecamatan Kuta Alam. Dia menjaga kepercayaan konsumen dengan menyuguhkan produk kopi berkualitas. 

Menurut pengalamanya, setelah dikemas aroma kopi paling bisa bertahan hanya lima bulan, lebih dari itu aromanya akan menghilang. Sementara untuk diminum, kopi yang sudah dibuka kemasannya bisa bertahan sampai dua tahun. Oleh karena itu, cafe ini hanya menyajikan minuman kopi fres terbaik untuk pengunjung dengan harga terjangkau. Cafe dibuka setiap hari dari pukul 08.30-23.30 WIB. 

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan terjadinya penurunan pembelian produk SYR Kopi Arabica Blend hingga 50 persen karena berkurangnya konsumen terutama konsumen dari mancanegara. 

Namun demikian, lelaki asal Pidie Jaya ini tidak patah semangat. Selain menjual secara offline yang hanya tersedia di dua outlate SYR, dia juga memaksimalkan pemasaran produknya melalui online shop sehingga bisa menjangkau pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia juga mancanegara. Berbagai platform digital dipakai untuk memasarkan produknya baik melalui Facebook, Youtube, dan Instagram. Selain itu, Syukri juga memanfaatkan media radio untuk memperkenalkan produknya. 

Sebagai upaya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan kualitas produk, Syukri memproses biji dan bubuk kopi baik arabica maupun robusta secara syariah dan telah bersertifikasi halal sehingga diminati oleh masyarakat luas, turis domestik, bahkan mancanegara. 

SYR Kopi Arabica Blend menyediakan beragam varian kopi Arabica Gayo Organic, yakni Honey, Peaberry, Longberry, Wine, King Gayo, Specialty, Natural, Robusta asli Gayo, dan banyak lainnya dengan berbagai macam kemasan mulai dari 100 gr, 250 gr, dan 1 kg. 

LIA DALI