Duta Genre Dari Aceh Harus Faham Agama

0
67

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh menyelenggarakan pemilihan duta mahasiswa Genre Aceh tahun 2015 di Banda Aceh pada 14-17 mei 2015.

Pemilihan tersebut diikuti oleh 30 kontestan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Aceh seperti Unsyiah, UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Unimal Lhokseumawe.

Kepala BKKBN Aceh M Nasir Ilyas menyebutkan  tujuan dari pemilihan duta genre tersebut sekaligus untuk mensosialisasikan program genre kepada mahasiswa serta mengevaluasi program-program BKKBN yang selama ini disampaikan kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

Kegiatan itu menurutnya juga untuk mengukur kemampuan mahasiswa memahami program genre dan program kependudukan secara keseluruhan.

“ Kita ingin mengukur sejauh mana pengetahuan generasi kita dalam hal program genre itu sendiri, dan program kependudukan serta kB secara umum, sehingga dengan ini kita bisa menilai apakah infomrasi yang selama ini kita sampaikan sampai tidak ke masyarakat,  Jadi ini juga merupakan evaluasi kita, yang kurang ingin kita perbaiki, “ujarnya disela-sela membuka kegiatan pemilihan duta mahasiswa genre di kantor BKKBN setempat, Kamis (14/05).

Nasir menyebutkan, dengan kegiatan tersebut diharapkan kepada generasi Aceh, tidak hanya mahasiswa tapi juga remaja agar benar-benar tau dan mampu untuk mempersiapkan suatu keluarga yang berkualitas nantinya.

“Persiapan keluarga dimulai dari sekarang, dari perencanaan yang baik, termasuk ilmu pengetahuan, tidak hanya duniawi tapi juga ukhrawinya, jadi mereka benar-benar siap lahir batin,”lanjutnya.

Pada kesempatan itu Nasir juga berharap kepada duta mahasiswa yang terpilih nantinya agar benar-benar menjadi duta Aceh ditingkat nasional, dengan menampakkan identitas keacehannya, oleh karena itu ia berharap kepada dewan juri untuk melakukan tes baca qur’an dan doa-doa shalat bagi para finalis, disamping adat istiadat dan pengetahuan daerah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.