Abdya Genjot Investasi Pada 2016

0
49

Pemerintah Aceh Barat Daya mulai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan atau Musrenbang untuk menyusun kerangka pembangunan pada 2016.

Prosesnya dimulai dengan mengadakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten dan Musrenbang 2015 tingkat kecamatan.Setelah itu, akan digelar Musrenbang tingkat kabupaten.

Musrenbang tingkat kecamatan yang pertama digelar pada Rabu(04/02), di kantor Camat Babahrot. Hadir pimpinan dan beberapa Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Barat Daya, kepala dinas dan badan, Muspika dan para tokoh masyarakat Babahrot.

Asisten II Sekretariat Daerah Aceh Barat Daya, M Nafis A. Manaf,   mengatakan, Musrenbang kecamatan merupakan forum pendidikan agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan. “Sehingga dapat menghasilkan dokumen rencana bersifat tahunan dan sinkronisasi usulan-usulan dari gampong,” ujar Nafis.

Pada 2016, kata Nafis, prioritas pembangunan di Aceh Barat Daya diarahkan pada pertumbuhan ekonomi dan investasi melalui Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dan Daerah sebagai motor penggerak peningkatan pendapatan daerah.Program dan kegiatan pada 2016, lanjut Nafis, tak terlepas dari upaya mewujudkan visi misi Pemerintah Aceh Barat Daya 2012-2017 seperti tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

Khaidir, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Aceh Barat Daya mengatakan, Musrenbang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten diawali dengan pelaksanaan Musrenbang gampong. Setelah itu, kata Khaidir, dilanjutkan dengan Musrenbang kecamatan untuk menentukan kerangka pembangunan agar lebih terarah serta sesuai kebutuhan masyarakat.

“Musrenbang kecamatan tidak semata-mata menyepakati usulan prioritas pembangunan yang diusulkan melalui RPJM dan Musrenbang gampong, tapi untuk menghasilkan prioritas masalah dan kegiatan yang menjadi urusan wajib pemerintah kabupaten,” ujar Khaidir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.