RSUD Fauziah Bireun Terbaik Layani Ibu dan Bayi

0
77

Sekretaris Daerah Aceh Dermawan mengajak masyarakat Aceh untuk terus menumbuhkan kesadaran  hidup sehat, salah satunya dengan tidak merokok.
Hal demikian dikatakan sekda Dermawan dihadapan para peserta upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 50, di halaman Kantor Gubernur Aceh, Selasa (12/11/2014).

Dermawan mengatakan pemerintah Aceh melalui program JKRA menjamin seluruh rakyatnya untuk berobat secara gratis sejak beberapa tahun terakhir, akan tetapi ia meminta kepada masyarakat agar  meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan dan tidak memiliki orientasi berobat.

“pogram kedepan mengacu kepada program prorakyat, jadi kalau nasional ada JKN, di Aceh ada JKRA, prinsipnya semua masyarakat Aceh gratis berobat, akan tetapi masyarakat harus memiliki pola hidup sehat, bukan orientasi untuk berobat, dikantor-kantor jangan ada lagi yang merokok”lanjutnya.

Sementara itu Mentri Kesehatan Nila Farid Moeloek dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Aceh mengapresiasi pemerintah daerah dan pemerintah kabupaten/kota yang telah menyediakan 10 persen anggaran pembangunan untuk sector kesehatan. Selain itu Menkes juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah membuat aturan kawasan tanpa asap rokok.

Seperti diketahui di provinsi Aceh aturan mengenai kawasan tanpa asap rokok sudah dideklarasikan di jajaran pemerintah Aceh dan pemerintah kota Banda Aceh.

Pada kesempatan itu  Sekda Aceh,  Dermawan, juga menyerahkan penghargaan kepada pemenang pelaksana terbaik Rumah Sakit Sayang Ibu/Bayi dan Puskesmas Sayang Ibu se-Aceh Tahun 2014. serta tenaga kesehatan teladan Puskesmas se-Aceh tahun 2014. 
Adapun Pemenang Pelaksana Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi (RSSI & B) , terbaik satu RSUD dr Fauziah, Bireuen , terbaik dua RSUD Tgk Chik di Tiro, Sigli dan terbaik tiga RSUD Datu Beru, Takengon.

Sedangkan untuk Puskesmas Sayang Ibu Terbaik tingkat Provinsi Aceh Tahun 2014. terbaik satu Puskesmas Tamiang Hulu, Aceh Tamiang , terbaik dua Puskesmas Lamno, Aceh Jaya  dan terbaik tiga Puskesmas Jeumpa, Bireuen

Sementara itu untuk Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas se-Aceh Tahun 2014 masing-masing, untuk kategori Tenaga Medis. Teladan satu drg Muhammad Iqbal Tanzil, Puskesmas Keude Geurubak, Aceh Timur. Selanjutnya untuk Tenaga Keperawatan, terbaik satu Sachara Amd. Keb, Puskesmas langkahan, Aceh Utara. Selanjutnya Tenaga Nutrisionis/Gizi, terbaik satu Kusmayadi AMG, Puskesmas Simeulue Tengah, Simeulue, yang terkahir Tenaga Kesmas/Sanitarian, terbaik satu Oyadilla Hartri SKM, Puskeswmas Bandar, Bener Meriah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.