Pemerintah Aceh Rencanakan Pembangunan Trowongan Di Gurutee

0
60
Zaini Abdullah

Pasca banjir dan longsor yang terjadi dikawasan jalan Gle Paro, Gle Kulu dan Gurutee Aceh Besar pekan lalu, kondisi transportasi pantai barat-selatan belum berjalan lancar, meskipun untuk sementara sudah bisa dilalui.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan saat ini pemerintah masih terus mencarikan solusi untuk jalan menuju pantai barat-selatan Aceh itu. Namun begitu menurutnya pasca bencana pekan lalu pemerintah sudah berhasil mengatasi kerusakan jalan khususnya di tiga titik, Kulu, Paroe dan Gurutee.

Dikatakan gubernur Salah satu solusinya adalah dengan membangun terowongan dikawasan Gurutee. Sedangkan untuk kawasan Kulu dan Paroe menurutnya juga perlu dicarikan jalan alternatif.

“Tanahnya labi sekali, dan kami telah bincang-bincang sepertinya salah satu gunung harus dibikin trowongan sepanjang 2 km, saya kira ini telah mendapatkan kata sepakat,  untuk kawasan Paro dan Kulu harus ada alternatif”lanjutnya.

Zaini menambahkan pasca banjir pihaknya juga sudah mengunjungi daerah-daerah lain yang terkena musibah. Menurutnya banyak rumah warga yang rusak yang harus segera diperbaiki. Pemerintah Aceh juga akan berupaya untuk membangun kembali rumah-rumah warga yang rusak akibat banjir pada masa rehab rekon pasca bencana.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur provinsi Aceh sempat menimbulkan banjir dan longsor di beberapa daerah. Bencana longsor dikawasan  Paroe, Kulu dan Gurutee bahkan sempat membuat  transportasi ke pantai barat-selatan putus total.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.