Dai dari Jawa Timur Khatib Idul Adha di Blang Padang

0
74
Masjid Raya Baiturrahman merupaka salah satu tujuan kunjungan wisatawan/salman iqbal

H. Muhammad Sholeh Drehem, Lc  dari Surabaya Jawa Timur akan bertindak sebagai khatib Idul Adha 1435 H di lapangan Blang Padang kota Banda Aceh, Ahad (05/10/2014) bertepatan dengan 10 Zulhijjah 1435 H.

Hal demikian dikatakan Kepala Biro Isra Pemerintah Aceh Ilyas Nyak Tui diruang kerjanya, Kamis (02/10/2014).

Ilyas mengatakan pelaksanaan shalat Idul Adha dipusatkan di lapangan Blang Padang kota Banda Aceh, namun jika kondisi Hujan akan dipindahkan ke Masjid Raya Baiturrahman, pelaksanaan shalat dimulai pada pukul 07.15 akan diimami oleh Imam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Munawir Darwis, Lc.

“Kita himbau masyarakat untuk datang lebih awal agar pelaksanaan shalat Idul Adha tepat waktu”lanjutnya.

Ilyas menambahkan setelah pelaksanaan shalat Idul Adha, akan dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban di Masjid Raya Baiturrahman, menurutnya hingga hari Kamis (02/10) jumlah hewan qurban yang sudah dilaporkan akan disembelih mencapai 17 ekor. Gubernur Aceh Zaini Abdullah direncanakan akan menyembelih hewan qurban secara simbolis.

“Jumlah ini masih kemungkinan bertambah, seperti tahun-tahun sebelumnya jumlah hewan qurban khususnya sapi rata-rata antar 25-27 ekor”ujarnya.

Ilyas menyebutkan mekanisme pembagian daging qurban akan dibicarakan kembali bersama panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) provinsi Aceh, akan tetapi seperti tahun-tahun sebelumnya jika jumlah pengqurban banyak maka daging-daging qurban akan diserahkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya baik di Banda Aceh, Aceh Besar dan daerah lainnya.

“Sampai saat ini sudah banyak proposal yang masuk minta hewan qurban, tapi kita melihat kalau kasih langsung 1 hewan untuk satu Gampoeng tidak memungkinkan, maka kita potong dulu dirumah potong hewan lalu dagingnya yang kita bagi”pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.