Banda Aceh – Jepang jajaki Kerjasama Perikanan dan Pertanian

0
73
Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal

Pemerintah Jepang sepertinya sangat tertarik dengan potensi perikanan di Banda Aceh. Mereka mengaku tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Pemko Banda Aceh, terutama di bidang perikanan. Selain itu, Jepang juga ingin menjalin kerjasama di bidang pertanian.

Hal ini disampaikan mantan Mensesneg Jepang, Yosito Sengoku, Sabtu (17/5/14) saat melakukan pertemuan dengan Plh Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal di Banda Aceh.

“Melihat potensi yang ada di Banda Aceh, sudah saatnya mereka mengembangkan ekonominya dengan lebih baik, terutama di bidang perikanan dan pertanian karena potensinya sangat bagus,” ujar Sengoku.

Lanjutnya, Jepang sebagai sebuah negara yang sudah sangat berpengalaman di bidang perikanan dan pertanian akan sangat senang dapat membantu Banda Aceh.

“Saya lihat semua bahan/materi yang dibutuhkan ada di Banda Aceh, jadi kita akan manfaatkan itu semua untuk terwujudnya kerjasama ini,” tambahnya.

Sementara itu, Plh Walikota  Illiza Sa’aduddin Djamal  mengatakan kehadiran Sengoku dan rombongan ke Banda Aceh adalah untuk melihat langsung kondisi perikanan dan pertanian di Banda Aceh untuk kemudian membicarakan kerjasama di sektor tersebut

Sebelumnya Pemerintah Kota Banda Aceh juga telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Higashi-Matsushima, salah satu pemerintah daerah di Jepang. Kerjasama di sektor pengembangan sumder daya manusia tersebut sampai sekarang masih terjalin.

“Sudah saatnya kerjasama kita perluas di sektor yang lain, karena banyak hal yang bisa kita pelajari dari Jepang seperti perikanan dan pertanian,” tambah Illiza.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.