Masih WNA, Istri Gubernur Aceh Tidak Bisa Nyoblos

0
83
Gubernur dan Ketua DPRA mengikuti pemilihan di kampung halaman

Istri Gubernur Aceh, Niazah A Hamid, tidak menggunakan hak suara pada Pemilu 2014 karena masih berkewarganegaraan asing. Sementara Gubernur Aceh Zaini Abdullah memilih di TPS Gampong Teurubue, Kecamatan Mutiara Pidie.

Meski tidak memilih, Niazah tetap pergi ke TPS untuk menemani suaminya mencoblos. Zaini memilih dikampung halamannya di Kecamatan Mutiara Pidie. Selain Zaini, adiknya yang juga ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah juga memilih di TPS yang sama.

Istri gubernur Aceh Niazah, mengatakan, dirinya tidak bisa memberikan hak suara karena masih berstatus warga negara asing. Dirinya mengaku sekarang telah mendapat Kartu Izin Tinggal Kitap (KITAP) untuk tinggal di Indonesia. Niazah kini tercatat sebagai warga negara Swedia.

“Saya tidak bisa pilih karena masih berstatus WNA,” kata Niazah kepada wartawan di Pidie, Rabu (9/4/2014).

Niazah lahir di Sigli. Saat konflik Aceh dengan RI, Niazah pindah ke Swedia karena ikut Zaini. Usai perjanjian damai, Zaini kembali menjadi WNI dan kini menjabat sebagai gubernur Aceh. Sedangkan istrinya hanya mendapat Kartu Izin Tinggal Tetap.

Pemilu di Aceh relatif aman. Warga terlihat antusias mendatangi TPS untuk memberikan hak suara. Saat TPS dibuka, jalanan terlihat sepi dan sejumlah pertokoan tutup. Saat ini, jalam sudah mulai kembali ramai dan toko sudah kembali buka.(detik.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.