UIN Ar-Raniry Jadikan Nisam dan Dewantara Sebagai Wilayah KPM

0
60

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meninjau lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) bagi mahasiswa kampus itu untuk angkatan V tahun 2014, direncanakan di Kecamatan Dewantara dan Nisam Aceh Utara.

Kasubbag Humas UIN Ar-Raniry Nazaruddin,SE disela-sela kunjungannya (26/3) mengatakan, UIN Ar-Raniry tahun ini memilih wilayah Aceh Utara untuk dijadikan tempat KPM Mahasiswa, hal disampaikan kepada pemerintah, selanjutnya pemerintah yang menentukan dua kecamatan itu (Dewantara dan Nisam) untuk ditempatkan mahasiswa nantinya.

Dikatakan, Humas beserta tim dari Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M) UIN Ar-Raniry melakukan survei selama tiga hari di dua kecamatan itu, di Kecamatan Dewantara diterima Camat Drs. Saiful Basri dan di Kecamatan Nisam diterima Camat Fauzan, SSTP, MPA beserta geuchik dan tokoh masyarakat dua kecamatan itu.

“ Camat Nisam Fauzan, MPA mengaharapkan kepada mahasiswa calon peserta KPM agar dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang membangun di desa dimana akan ditempatkan nanti, dan yang paling penting dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat setempat,” kata Nazar.

Nazaruddin menambahkan, kondisi masyarakat manyoritas petani, Camat beserta tokoh masyarakat mengharapkan peserta KPM nantinya dapat mentransfer ilmu-ilmu baru yang sifatnya membangun, setelah pelaksanaan KPM masyarakat Nisam dan Dewantara memiliki kreatifitas baru.

“ Data yang diperoleh saat melakukan survey, di kecamatan Dewantara direncanakan 50 peserta untuk 10 desa, masing-masing 5 mahasiswa, sementara di Nisam ada 26 desa yang dijadikan wilayah KPM, akan ditempatkan 180 peserta, masing-masing desa 5 sampai 6 orang,” ujar Humas UIN Ar-Raniry.

Lebih lanjut disampaikan, peserta KPM angkatan V tahun 2014 ini mulai melakukan pengabdian pada 15 April hingga akhir Mei 2014 mendatang, dijadwalkan serah terima peserta KPM akan dilakukan oleh Rektor UIN Ar-Raniry dan Bupati Aceh Utara serta camat dan tokoh masyarakat lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.