Pesta Reuni Krakatau di Java Jazz Festival 2014

0
118
Krakatau/detikHot

Hari kedua gelaran Java Jazz Festival 2014, Sabtu (1/3/2014), sudah dimulai sejak musisi jazz Endah N’ Resha membuka sore tadi. Banjir musisi Indonesia menjadi sorotan tersendiri para pengunjung, termasuk super group yang menamakan diri mereka Krakatau.

Ya, Krakatau yang hari ini mengusung nama Krakatau Reunion tentu langsung menyedot ribuan penonton di panggung utama ‘Clear Hall’ di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Siapa yang tak rindu dengan grup musik jazz era 80-an yang digawangi oleh Pra Budi Dharma Cs itu.

Tirai hitam yang menutupi panggung akhirnya dibuka, Gilang Ramadhan, Pra Budi Dharma, Donny Suhendra, Dwiki Dharmawan dan Indra Lesmana sedang ber-jamming ria. Melihat itu saja, ribuan penonton lintas generasi sontak bergemuruh liar. Selang beberapa menit, naiklah sang diva, Trie Utami, yang langsung melejit dengan lagu ‘Kembali Satu’.

Belum mau basa-basi, ‘Kemelut’ langsung berbunyi, sedikit rindu mulai terobati.

“Gila penuh! Setelah 24 tahun. Terima kasih masih menjadi keluarga Krakatau sampai hari ini dan kalian semua adalah saksi konser reuni Krakatau yang pertama,” sapa Trie Utami yang masih tampak awet muda dibalut mini dress dan booth tinggi hitam.

Mengulang nostalgia, hits ‘Dirimu Kasih’ dan lagu ‘Perjalanan’ masih ampuh membuat seisi ‘Clear Hall’ terperangah. Lebih hanyut mengarungi rekam jejak lebih dari dua dekade, nuansa rock masa lalu hadir lewat lagu ‘Cita Pasti’. Terlihat senyum puas di antara wajah para personel Krakatau.

Membiarkan sedikit Mba Iie-sapaan akrab Trie Utami–lima personel lainnya menggila memainkan musik instrumental yang kental dengan nuansa jazz etnik. Sesekali Dwiki Dharmawan dan Indra Lesmana saling solo, Gilang Ramadhan di bagian belakang tak mau kalah menyelipkan ketukan-ketukan.
Tata lampu dan megahnya panggung menjadi tak pantas dibahas saat grup asal Bandung itu terus melanggeng maju. Meskipun beberapa kali Trie Utamai berseloroh mengenai betapa sulitnya lagu yang harus dia nyanyikan, toh tetap saja dirinya sukses sapu bersih membawakan, ‘Imaji’, ‘Ironi’ dan ‘Seraut Wajah’.

Hits ceria ‘La Samba Primadona’ akhirnya mengalun, pesta reuni itu kemudian berlanjut ke hits ‘Kau Datang’, penonton kompak bertepuk tangan. Krakatau menyambungnya lagi dengan ‘Sekitar Kita’ dan kali ini penonton kompak berdiri menikmati.

Sayang, penampilan reuni Krakatau itu harus diakhir setelah kurang lebih satu jam. Sebelum benar-benar turun panggung, masing-masing personel lebih dulu sedikit unjuk kebolehan. Barulah aksi menawan Krakatau Reunion ditutup dengan hits ‘Gemilang’. Bersamaan dengan itu, habis juga sudah rindu ribuan penggemarnya yang entah datang dari segala pelosok Ibu Pertiwi.

Walaupun Krakatau usai, pesta musik jazz di tahun ke-10 tahun ini masih menyajikan puluhan penampil hebat lainnya. Tohpati & Dewa Budjana, Indra Lesmana dan Dekade Project Legendary Chrisye. Sedangkan musisi internasional menjagokal Incognito, Summer Horns feat Dave Koz, dan Snarky Puppy. (detik.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.