Mahasiswa Baru IAIN Dianjurkan Berorganisasi

Sebanyak 3293 mahasiswa baru IAIN Ar-Raniry Banda Aceh diperkenalkan Kampus tempat yang akan menjadi tempat mereka menuntut ilmu nantinya, Kamis (29/8) di Auditorium Ali Hasjmy Banda Aceh.

Kegiatan yang diberi nama Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) IAIN Ar-Raniry tahun ajaran 2013/2014 akan berlangsung selama 3 hari.

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan IAIN Ar-Raniry Drs. H. Sofyan Ibrahim, M.Ag  dalam sambutannya pada pembukaan OPAK 2013 mengucapkan selamat datang ke Kampus “Jantong Hatee Rakyat Aceh” dan ucapan terima kasih kepada peserta OPAK yang telah memilih IAIN Ar-Raniry sebagai tempat studi.

“ Kami yakin bahwa mahasiswa yang telah memilih IAIN dengan program studinya, itu merupakan pilihan hati nurani masing-masing kita, kehadiran hari ini di IAIN Ar-Raniry adalah babak baru di pendidikan pada tingkat Strata satu,” kata Sofyan.

Lebih lanjut dikatakan, proses belajar mengajar antara tingkat SLTA beda jauh dari proses belajar nantinya di kampus atau saat kuliah, “ di SMA atau MA siswa harus banyak dibimbing dan guru mengajar dengan metode banyak member, sedangkan pada bangku kuliah dosen hanya mengarakan dan member 20 persen saja, selebihnya mahasiswa harus mencari dan giat membaca”.

“ IAIN Ar-Raniry telah dipercaya oleh masyarakat Aceh dan bertanggung jawab untuk mendidik putra-putri Aceh dalam memperoleh pendidikan dan dapat menyelesaikan kuliah pada waktu yang tepat dan tepat waktunya dengan hasil yang baik,” tambah Sofyan.

Wakil Rektor III juga mengharapkan kepada mahasiswa agar berorganisasi, “ Organisasi itu juga penting bagi mahasiswa, agar memiliki wawasan yang luas dibidang masing-masing, di IAIN ada beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), bidang Seni, Olah Raga, Pers, dan ada beberapa UKM yang semuanya itu bermanfaat”.

“ berorganisasilah untuk menambah pengalaman dan keterampilan, tapi ingat bahwa tujuan utama ke IAIN adalah untuk kuliah dan menyelasaikan kuliah tepat waktu,” Papar Sofyan.

Sementara Tim Pemantau OPAK Drs. Baharuddin AR, M.Si mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, hari pertama ditingkat Institut dimana mahasiswa baru diperkenalkan tetang kampus dan pimpinannya, serta pengenalan UKM.

“ Jumlah peserta OPAK 3293 orang, 1400 yang memilih fakultas Tarbiyah Dan Perguruan , 730 dari Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam  dan 15 mahasiswa asal Malaysia, 502 dari Fakultas Dakwah Dan Komunikasi,292 dari Fakultas Adab Dan Humaniora, dan 202 mahasiswa yang pilihannya di Fakultas Ushuluddin,” Papar Dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads