Mahasiswa IAIN Tulis Skripsi Tiga Bahasa

Putri Reiza mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Ar-Raniry Banda Aceh menuliskan Skripsinya (tugas akhir) dalam tiga bahasa, Indonesia, Arab dan Inggris.

Ketua Jurusan KPI Dr. Jasafat, MA, usai mengadiri Sidang Munaqasyah (29/8) mengatakan, Jurusan KPI saat ini telah memberi kesempatan bagi mahasiswanya yang memiliki kemampuan untuk menulis skripsinya lebih dari satu bahasa, “ untuk katagori 3 bahasa mungkin yang pertama di IAIN Ar-Raniry, bahkan di Aceh,”.

“ Dalam beberapa tahun terakhir, ada mahasiswa yang menulis skripsi dalam bahasa inggris yaitu Nella Fitriani, Deasi Susilawati dan Meutia Sari, serta Wahyu Rizky dalam bahasa arab, sedangkan yang menuliskan skripsi dalam tiga bahasa baru Purti satu-satunya,” kata Jasafat.

Dia menyebutkan, skripsi 3 bahasa ini diajukan judul tentang media dakwah “ Film Komedi Aceh ‘Eumpang Breuh 10’ dalam Perspektif Dakwah- Filum ‘Eumpang Breuh 10’ Fii an Nadzhri ad Da’wati- Aceh Comedy Film ‘Eumpang Breuh 10’ in Da’wa Perspekstif”.

“ Penulisan skripsi dengan menggunakan bahasa arab dan inggris ini merupakan wujud dari program kelas internasional di Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Ar-Raniry yang telah berjalan sejak beberapa yang lalu,” ujarnya.

Dikatakan, sidang munaqasyah ini dipimpin oleh Jailani, M.Ag yang juga Pembimbing Utama, Fakhruddin, S. Ag, M.Pd sebagai pembimbing kedua, sedangkan penguji satu ditunjuk Drs. H. Gunawan, MA, Ph.D, Dr. Kamaruzzaman Bustama Ahmad, MA sebagai pengiji dua.

Sementara Putri Reiza, penulis skripsi 3 bahasa merasa bangga dan puas atas hasil kerja kerasnya, dan berteima kasih kepada pihak kampus dan dosen KPI yang telah member kesempatan dan membimbingnya menulis skripsi dalam 3 bahasa.

“ Saya termotivasi menulis skripsi ini dengan bahasa Indonesia, Arab dan Inggris dari mempelajari mata kuliah Komunikasi Internasional, dan ini juga pengalaman penting bagi saya,” ujarnya.

Menurutnya, ia berencana menulis skripsi dalam bahasa Arab dan Inggris saja, namun setelah berkonsultasi dengan pembimbing dan jurusan membolehkan, maka ia semangat untuk menuliskan 3 bahasa, “ setelah saya tulis dalam bahasa inggris dan arab, saya juga sedikit telah menulis dalam bahasa Indonesia, kemudian setelah disetujui lalu saya sempurnakan, sehingga jadi 3 bahasa, plus bahasa Aceh dalam penulisan alur cerita filmnya”. Ujar Dara kelahiran Kreung Geukueh 22 Maret 1990.

Kata Dia, dalam waktu 6 bulan bisa menyelesaikan skripsinya lebih kurang 600 halaman, 202 halaman dalam bahasa Indonesia, 180 dalam bahasa inggris, 180 dalam bahasa arab, serta lampirannya.

Putri Reiza juga pernah terpilih sebagai mahasiswa berprestasi IAIN Ar-Raniry tahun 2012, dan juara umum pemilihan siswa berprestasi di sekolahnya MAS Nurul Iman Aceh Utara tahun 2007.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads