PNPM Mandiri Perkotaan Akan Launcing Program Penguatan Gender

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan akan melauncing Program Penguatan Gender (P2G) pada 90 gampong dalam kota Banda Aceh dalam waktu dekat.

Hal demikian dikatakan Konsultan Manajemen Wilayah (KMW) PNPM Aceh Saiful di Banda Aceh, Rabu (26/06/2013).

Saiful mengatakan program P2G tersebut merupakan program tambahan dan non-reguler yang bertujuan untuk memperkuat partisipasi gender,”saat ini kita sedang mereview program kita bersama-sama masyarakat agar program-program itu tidak tumpang tindih, kita terus beruapay untuk memperkuat lembaga-lembaga masyarakat disetiap gampong disamping juga ada program tambahan seperti P2G”lanjutnya.

Saiful menambahkan program lainnya yang juga direncanakan untuk tahun 2013-2014 seperti program Penataan Lingkungan dan Pemukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) di 15 gampong dalam kota Banda Aceh serta sejumlah Gampong di kota lainnya di provinsi Aceh,”untuk program PLPBK ini pemerintah menyediakan anggaran 1 milyar untuk setiap gampong dan sharing 50 persen dari pemerintah kota”lanjutnya lagi.

Saiful berharap program-program itu bisa berjalan dengan baik dan sinergi dengan program-program yang sudah ada, sehingga dirasakan langsung oleh masyarakat dan berdampak pada pengurangan jumlah angka kemiskinan dan pengangguran di kota Banda Aceh.

Sementara itu Assiten III Pemerintah Kota Banda Aceh Bukhari mengatakan Pemerintah Kota Banda Aceh sangat mendukung segala kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan guna meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengurangan jumlah angka kemiskinan, yang merupakan visi-misi pemerintahan Mawardi Nurdin-Illiza Sa’aduddin Djamal.

“angka kemikinan di kota Banda Aceh saat ini sekitar 9 persen atau dibawah rata-rata nasional, namun kita terus berupaya agar dalam lima tahun ini bisa turun hingga angka 5 persen”pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads