Ini Rute Pawai Takbir Keliling Idul Fitri 1445 H di Banda Aceh

0
13

Rute resmi untuk Pawai Takbir Keliling Idul Fitri 1445 H di Banda Aceh telah ditentukan melalui rapat yang diadakan pada Senin (8/4/2024) di Mapolresta Banda Aceh.

Rapat dipimpin Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, dihadiri perwakilan Kadishub Banda Aceh, unsur Dinas Syariat Islam dan UPTD Masjid Raya Baiturahman telah menghasilkan kesepakatan mengenai rute yang akan dilalui oleh peserta pawai takbir.

Pawai takbir Aceh dijadwalkan akan digelar pada malam hari raya, atau Selasa malam 9 April 2024 bakda shalat isya.

Acara ini direncanakan akan dilepas secara resmi oleh Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, di depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Menurut pernyataan dari Plt Kadishub Kota Banda Aceh, Bukhari Sufi S Sos M Si terdapat dua rute yang telah disepakati dalam rapat antara Polresta dan Dishub, yaitu rute untuk pejalan kaki dan mobil hias.

Rute untuk mobil hias akan dimulai dari halaman Masjid Raya Baiturrahman, kemudian menuju Simpang Kodim – Simpang Peuniti – Simpang Surabaya – Simpang Beurawe – Simpang Jambo Tape – Bundaran Simpang Lima – Simpang Kodim, dan berakhir di Masjid Raya Baiturrahman.

Sementara itu, rute untuk pawai takbir pejalan kaki akan dimulai di depan Masjid Raya Baiturrahman – Simpang BSI Cut Meutia – Simpang BSI/Istana Kado – Simpang Kimia Farma Pante Pirak – Simpang Putri Hijau – Jl ST Mansyursyah – Simpang Kodim – Depan Barat, dan berakhir di Masjid Raya Baiturrahman.

Untuk menyukseskan acara ini, rekayasa lalu lintas akan dilakukan. Kendaraan dari arah Simpang Surabaya hingga Simpang Kodim akan diarahkan berbelok ke arah Pendopo Gubernur. Sementara kendaraan dari arah Taman Sari menuju Simpang Traffic Light Masjid Raya akan diarahkan berbelok ke kiri arah Simpang Zikra Lama. Selain itu, kendaraan dari Jalan Diponegoro akan diarahkan berbelok kiri ke arah Jl Cut Mutia, dan kendaraan dari Peunayong menuju Simpang Lima akan diarahkan ke arah Simpang Jambo Tape.

Di setiap persimpangan jalan yang dilalui oleh pawai takbir, akan ada penyetopan sementara untuk memberi jalan kepada peserta pawai.

Dengan demikian, sejumlah jalan di Banda Aceh pada malam takbiran nanti akan mengalami rekayasa lalu lintas untuk memastikan kelancaran acara dan keamanan peserta serta masyarakat umum yang ikut menyaksikan.

Lanjut Bukhari Sufi, kepada masyarakat Kota Banda Aceh dan sekitarnya yang ingin menyaksikan pawai takbiran yang diadakan pada malam lebaran 1 syawal 1445 hijriah diminta agar tertib di jalan dan mematuhi rambu-rambu lalulintas serta mengikuti rute-rute pengalihan arus lalu lintas pada saat pawai takbir berlangsung.

“Dan juga kami sampaikan bahwa jalan Cut Meutia yang beberapa bulan terakhir dibuat rekayasa satu arah karena adanya pekerjaan IPALD-T, mulai minggu ini masyarakat Kota Banda Aceh sudah dapat menggunakan kembali jalan tersebut dengan sistim dua arah,” ujar Bukhari Sufi.