Google Doodle Rayakan Ultah Ratu Jazz

Google Doodle peringati hari kelahiran penyanyi jazz yang memiliki jangkauan vokal tinggi hingga tiga oktaf dengan pitch yang sempurna, Ella Fitzgerald. Wanita ini lahir di Virginia, Amerika Serikat (AS) pada 25 April 1917 dan tutup usia pada 15 Juni 1996.

Disitat Guardian, Kamis (25/4/2013), selama enam dekade perjalanan kariernya, penyanyi Amrika ini sudah menelurkan lebih dari 200 album dengan penjualan yang menembus hingga angka 40 juta unit. Prestasi besar lainnya yang membanggakan adalah mengantongi 13 penghargaan di ajang bergengsi insan musik, Grammy Awards.

Album yang paling terkenal adalah seri album Songbook yang didedikasikan untuk penulis lagu seperti Ellington, Cole Porter dan Gershwins. Ketenarannya semakin terdorong setelah menjadi bintang tamu pada beberapa acara televisi terkenal saat itu seperti Bing Crosby Show, Frank Sinatra Show, Ed Sullivan Show, Tonight Show, Nat King Cole Show, Andy Williams Show dan Dean Martin Show.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat (AS) saat itu, Ronald Reagan memberinya National Medal of Arts pada 1987. Tak hanya itu, ia juga mendapatkan Presidential Medal of Freedom oleh George H. W. Bush.

Tak heran apabila dengan segudang penghargaan, bakat dan prestasinya ini Fitzgerald dijuluki sebagai ‘penyanyi wanita pertama’ dan ‘ratu jazz’. Ella Fitzgerald mengadakan konser terakhirnya di New York Carneige Hall pada 1991 silam.

Sumber