Kebiasaan Tak Sehat Ini Bikin Jam Tidur Kacau

Tidur yang cukup adalah salah satu cara agar tubuh Anda beristirahat. Jika Anda tidak mendapatkan enam hingga tujuh jam tidur setiap hari, Anda bisa mengalami gangguan kesehatan, bahkan risiko pengembangan penyakit yang lebih tinggi.

Tidak peduli seberapa ketat Anda melakukan diet, atau rutin berolahraga, namun jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka semua usaha Anda untuk tetap sehat akan sia-sia. Kenali beberapa penyebab kesulitan tidur agar Anda dapat menghindari kebiasaan ini dan bisa tidur dengan nyenyak, seperti yang dilansir Foxnews.

Kegiatan sebelum tidur

Sebuah survei terbaru menemukan bahwa banyak orang yang berada pada risiko insomnia terlibat dalam kegiatan yang merangsang otak satu jam sebelum ke tempat tidur. Beberapa di antaranya dikarenakan alasan berikut ini. Sebanyak 90 persen menonton TV, 33 persen berada di komputer mereka dan 43 persen melakukan pekerjaan rumah tangga. Kegiatan tersebut ternyata dapat membuat Anda terjaga semalaman.

Tidak tidur tepat waktu

Health Interview Survey menunjukkan bahwa orang dewasa yang biasanya tidur kurang dari enam jam lebih mungkin untuk merokok, minum alkohol, tidak berolahraga, dan menjadi gemuk. Menariknya, orang dewasa yang tidur lebih dari sembilan jam juga terlibat dalam perilaku tidak sehat. Peneliti dari University College London menemukan bahwa kurang tidur, atau terlalu banyak, lebih dari dua kali lipat risiko kematian. Oleh karena itu, tidur tepat waktu akan membantu Anda tetap sehat.

Sumber