Siap Kawal Pemilu 2024, UIN Ar-Raniry Teken MoU dengan Bawaslu

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg menerima kunjungan tim Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh yang merupakan bagian dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI di tingkat Provinsi Aceh.

Pertemuan ini berlangsung di Ruang Kerja Rektor kampus setempat, Jum’at (22/12/2023)

Pertemuan tersebut dilaksanakan dalam rangka silaturrahmi dan penandatangan kembali ‘Memorandum of Understanding’ (MoU) antara kedua belah pihak untuk melanjutkan kesepakatan yang telah terjalin sebelumnya dalam upaya mengembangkan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) partisipatif di kalangan perguruan tinggi dan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di kalangan Panwaslih Aceh

Prof Mujib dalam sambutannya menyatakan bahwa UIN Ar-Raniry siap untuk berkolaborasi dan berkomitmen mendukung Bawaslu RI khususnya Panwaslih Aceh dalam menjaga integritas dan transparansi dalam proses pemilu ini, serta ikut memastikan partisipasi aktif masyarakat, dan merajut hubungan yang lebih erat demi terwujudnya pesta demokrasi 2024 yang sukses dan bermartabat.

“Kita siap bersinergi, berkolaborasi, bekerjasama dengan siapapun dalam membangun negeri ini, makanya apa yang kita lakukan hari ini dengan panwaslih adalah bagian dari sinergi kerja sama sehingga nantinya kualitas pemilu dan demokrasi di Indonesia dari waktu ke waktu akan semakin baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof Mujib menyampaikan harapannya agar setiap masyarakat yang telah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024 nanti untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan tidak golput.

“Harapan kita semua agar masyarakat yang sudah memiliki hak suara untuk menggunakan dengan baik, jangan golput. Dan semoga pemilu dapat berjalan lancar dan tidak ada yang mencederai sehingga hasilnya dapat diterima oleh siapapun,” harap Prof Mujib.

Prof Mujib juga menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu khusunya Panwaslih Aceh yang selama ini telah memberi ruang bagi Mahasiswa UIN Ar-Raniry untuk melakukan program magang di lembaga tersebut.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Provinsi Aceh, Agus Syahputra SSosI MH dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan kegembiraannya kepada UIN Ar-Raniry atas kemitraan yang telah terjalin khususnya terkait pengawalan pemilu selama ini.

“Kami sangat bergembira dan merasa terhormat bisa melakukan kerja sama dengan UIN Ar-Raniry, bagaimanapun demokrasi ini adalah perjalanan bangsa tentu kampus juga sebenarnya sebagai ‘melting port’ untuk peleburan dan pengawalan pemilu dan bangsa kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan pihaknya berkomitmen membuka seluas-luasnya partisipasi pemilih dalam pemilu, hal ini sesuai yang telah diamanatkan dalam undang-undang, tak terkecuali bagi sivitas akademika kampus yang mayoritas terdiri dari pemilih pemula yaitu mahasiswa.

“Dalam hal pemilu kita diperintah oleh undang-undang untuk membuka seluas-luasnya tingkat partisipasi dalam pemilihan umum apalagi institusi-institusi pendidikan seperti kampus ini menjadi prioritas kita,” ungkapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads