Pertamina-HI Luncurkan Program Pengolahan Ikan Asin di Aceh Besar

0
60

PT. Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Krueng Raya bersama Human Initiative meluncurkan program Pemberdayaan Kelompok Pengolahan Ikan Teri untuk masyarakat desa Meunasah Keudee, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

Dalam sambutannya Kabid Operasional Human Initiative Surya Ningsih menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi masyarakat itu.

“Program ini sendiri termasuk ke dalam salah satu core Human Initiative yaitu Initiative for Empowerment, harapan kami program ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa Meunasah Keudee, terutama pelaku usaha ikan teri,” ujarnya.

Ditempat yang sama Sekretaris Camat, Helmi juga menyampaikan terimakasih dan meminta masyarakat untuk bersyukur karena dilaksanakan program ini di kawasan desa Meunasah Keudee.

“Kawasan kita ini sendiri merupakan kawasan pesisir dan banyak hasil tangkapan ikan yang dapat dikelola dan diolah oleh masyarakatnya. Karena itu semoga melalui inisiasi program dari Pertamina dan HI ini dapat memberikan semangat bagi pelaku usaha agar dapat terus meningkatkan produk ikan teri, ” lanjutnya.

Pertamina Krueng Raya yang diwakili oleh Riki Ismed berharap semoga melalui program ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan depot pertamina, terutama di wilayah Ring I Pertamina Krueng Raya. Nantinya mereka berharap kelompok ini dapat memiliki produk ikan teri yang terkenal sebagai produk tangkapan laut khas Krueng Raya

Zahri selaku Kabid UKM Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Aceh Besar menyampaikan berterimakasih banyak kepada Pertamina dan Human Initiative (HI) yang telah mengisiasi terlaksananya program ini.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dana dari Dinas terbatas dan tidak dapat mencakup semua bidang, alhamdulillah melalui program ini telah meringankan dinas untuk memberdayakan masyarakat sekaligus memberikan pelatihan kepada masyarakat terkait branding produk,” ujarnya.

Ia melanjutkan pada era digitalisasi saat ini semua pihak harus melek teknologi sehingga bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan dalam penjualan.

” Maka yang perlu diperhatikan salah satunya dengan branding packaging yang menarik. Kami harap melalui program ini kelompok teri mendapatkan pengetahuan baru terkait pemasaran produk,” tutupnya.