Sambut Hari Kemerdekaan, Ketua DPRK Banda Aceh Ajak ASN Tanamkan Semangat Merah Putih

0
45

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh, Farid Nyak Umar, mengajak para kepala OPD, ASN, dan seluruh lapisan masyarakat agar menanamkan semangat merah putih dalam jiwa raga masing-masing. 

Hal tersebut disampaikan Farid Nyak Umar dalam Apel Gabungan ASN Pemko Banda Aceh dan pembagian secara simbolis 10 juta bendera merah putih di halaman Kantor Wali Kota Banda Aceh, Senin (07/08/2023).

Farid menuturkan, dalam waktu dekat masyarakat Indonesia akan memperingati hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia. Berkaitan dengan itu, pemerintah pusat melaksanakan program pembagian 10 juta bendera merah putih. Ia berharap merah putih dikibarkan secara masif oleh masyarakat, termasuk di jajaran Pemko Banda Aceh.

Peringatan kemerdekaan merupakan wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang sudah diraih oleh Bangsa Indonesia. Karena pengibaran bendera bertujuan untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan menanamkan semangat dan nilai-nilai merah putih ke dalam jiwa kita.

“Kita bersyukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diraih, dan pengibaran bendera merah putih merupakan wujud dari semangat patriotisme kepada NKRI. Dan yang terpenting bagaimana kita mengibarkan bendera ini ke dalam jiwa kita. Sehingga ketika kita mengatakan merah darahku, putih tulangku, maka jiwa kita adalah merah putih,” ucap Farid Nyak Umar. 

Sebelumnya Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, mengatakan, dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Banda Aceh menggencarkan gerakan bagi-bagi 10 juta bendera kepada masyarakat. Gerakan ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

“Hari ini kita akan bagikan secara simbolis bendera merah putih kepada masyarakat kota  yang diwakili oleh para camat dalam program 10 juta bendera yang dicanangkan oleh pemerintah pusat,” kata Amiruddin.

Dia berharap seluruh warga Kota Banda Aceh berpartisipasi dalam menyemarakkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dengan mengibarkan bendera merah putih di seluruh instansi pemerintah dan swasta, kampus, sekolah negeri dan swasta, serta seluruh komponen masyarakat di sembilan kecamatan mulai 1-31 Agustus 2023.
 
Amiruddin menuturkan, tahun ini perayaan kemerdekaan mengangkat tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.  Tema tersebut bermakna mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama dan bergerak secara harmoni menuju Indonesia maju.

Dengan memaknai tema tersebut, ia berharap para ASN dapat terus berperan aktif dalam memajukan kota, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan mencintai tanah air dengan segenap hati.

“Karena semangat kemerdekaan harus terus hidup dan tercermin dalam setiap tindakan dan kerja keras ASN dalam membangun bangsa dan negara,” tutur Amiruddin.