Aceh Dapat Kuota Haji 2023 sebanyak 4.300 Orang

0
48

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menyatakan pada tahun 2023, provinsi Aceh mendapat kuota 4.300 orang Jemaah haji.

Jumlah tersebut diketahui usai pengumuman dari Kemenag RI bahwa tahun ini Indonesia mendapat kuoat 221.000 orang Jemaah dan tidak ada pembatasan usia.

Hal ini disampaikan Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Arijal, ketika diwawancarai awak media di kantor Kemenag setempat, Rabu (11/01/2023).

“Alhamdulillah, setelah pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama berkoordinasi dengan Arab Saudi, Indonesia mendapat jumlah kuota secara normal,” kata Arijal.

Dikatakannya, dengan jumlah pendaftar di Aceh sudah mencapai 131.171 orang, maka masa tunggu keberangkatan mencapai 32 tahun.

Arijal menjelaskan, setelah sukses menyelenggarakan pemberangkatan dan pemulangan Jemaah haji tahun 2022 lalu, tepatnya perdana pasca pandemi, saat ini Kanwil Kemenag Aceh melalui bidang haji dan umrah terus melakukan berbagai persiapan dan mengatur skema mitigasi pemberangkatan Jemaah haji tahun 2023.

“Kita selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dan juga melakukan konsolidasi dan sosialisasi di tingkat kabupaten/kota dan kecamatan tentang perhajian tahun 2023, semoga berjalan lancar sesuai dengan instruksi nasional, dan layanan terhadap Jemaah semakin lebih baik,” katanya.

Ia menjelaskan saat ini Kanwil Kemenag Aceh juga sedang membuka pendaftaran Calon Petugas Haji, PPIH Kloter dan Non Kloter tahun 1444H/2023 M, dan akan ditutup tanggal 13 Januari mendatang.

Pada hari yang sama, Kanwil Kemenag Aceh bersama panitia menggelar rapat dengan beberapa unit satker di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, dalam rangka persiapan gelaran kegiatan penutup peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama, yaitu Jalan Sehat Kerukunan, Sabtu, 14 Januari 2023 dan serentak secara nasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.