Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Dibekali Pelatihan Mendeley

Sebanyak 15 orang mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh dilatih pengelolaan referensi menggunakan mendeley di ruang di Taman Baca fakultas tersebut, Kamis (1/9/2022).

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Taman Baca Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh bersama mahasiswa Magang Prodi Ilmu Perpustakaan tersebut menghadirkan narasumber dan instruktur tunggal, Dosen Tetap Prodi Ilmu Perpustakaan yang juga Ketua Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Aceh, Nazaruddin Musa MLIS PhD.

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Nurhayati Ali Hasan MLIS mengatakan bahwa pelatihan Mendeley ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan mahasiswa, khususnya dalam melakukan manajemen referensi sumber-sumber pustaka dalam penulisan karya ilmiah seperti tugas akhir, laporan dan skripsi.

“Kita sangat mengapresiasi program-program seperti ini yang dilakukan oleh mahasiswa magang, program kerja yang diusulkan berdasarkan analisis kebutuhan, karena mahasiswa semester akhir sebagai pra syarat sarjana harus menulis skripsi dan tentunya pelatihan manajemen referensi sangat bermanfaat bagi mereka agar dapat mengelola sumber-sumber bacaan yang digunakan sebagai referensi atau pedoman dalam menyusun karya ilmiahnya,”kata Nurhayati Ali Hasan di sela-sela pelatihan berlangsung, Kamis (1/9/2022).

Sebelumnya, panitia pelaksana Muhammad Nasir menjelaskan bahwa pelatihan tersebut dikhususkan bagi mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang manfaat aplikasi mendeley sebagai manajemen referensi sumber-sumber pustaka dalam penelitian, sehingga memiliki ketrampilan untuk dapat melakukan manajemen referensi dan kutipan secara baik dan benar dalam penulisan penelitian seperti penulisan skripsi.

Dalam pelatihan ini, kata Nasir peserta dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi mendeley desktop, sinkronisasi google scholar, mendeley dan Microsoft Word hingga sitasi dan bibliografi menggunakan Mendeley.

“Para peserta pelatihan diajarkan bagaimana cara instalasi software Mendeley, dan juga praktik langsung bagaimana cara mengelola referensi ilmiah mulai dari melakukan sitasi dalam Microsoft Word dan mengelola database referensi,”kata Muhammad Nasir dalam keterangan tertulis, Kamis (1/9/2022).

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads