3 Cara Simpan Kopi Agar Cita Rasa dan Aroma Tetap Awet

0
128
Ragam Jenis Kopi Asal Indonesia

Kopi akan terasa nikmat kalau aroma dan cita rasanya tak berubah. Agar tetap awet, kopi harus disimpan dengan benar. Berikut tips cara menyimpan kopi.

Kopi merupakan jenis minuman yang banyak digemari. Minuman berwarna hitam yang rasanya pahit pekat ini juga dapat menyehatkan tubuh kalau dikonsumsi secara tepat.

Ada banyak pecinta kopi di dunia. Mereka tak akan melewatkan mengonsumsi kopi, walau hanya sehari saja. Biasanya mereka juga menyimpan kopi untuk stok di rumah.

Kopi yang enak biasanya memiliki aroma dan cita rasa yang tak berubah. Aromanya tercium kuat dan rasanya pahit pekat.

Dilansir dari Insider (15/3), ada beberapa tips menyimpan kopi agar tetap awet rasa dan aromanya.

1. Simpan Pada Kemasan Asli

Kopi biasanya dikemas menggunakan paper bag, plastik zip lock, atau kaleng agar kualitasnya tetap terjaga. Karena penting untuk menyimpan biji kopi dalam kemasan yang tepat agar membantu terhindar dari proses degassing dan oksidasi yang dapat menyebabkan aroma dan rasa berubah.

Oleh karenanya, cara terbaik menyimpan kopi adalah dalam kemasan aslinya. “Banyak kemasan kopi dirancang dengan katup satu arah yang memungkinkan karbon dioksida keluar sekaligus mencegah masuknya oksigen,” kata Gaultieri selaku ahli kopi.

“Biarkan kopi disegel dalam paper bag, sampai kamu siap meminumnya,” lanjutnya.

Jika kemasan asli kopi tidak memiliki katup penghilang gas atau kamu lebih suka memindah biji kopi ke wadah lain, perhatikan wadah yang tepat. Pastikan untuk menggunakan wadah kedap udara seperti container.

2. Jauhkan Kopi dari Panas dan Kelembaban


Faktor lain yang dapat merusak aroma dan rasa kopi adalah panas dan kelembapan. Sebagian orang menyimpan kopi di meja dapur, namun cara ini salah karena letaknya dekat dengan kompor. Kompor yang digunakan saat memasak dapat menghasilkan sejumlah uap air dan meningkatkan suhu.

“Kamu harus menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering, karena sedikit peningkatan suhu saja dapat menyebabkan efek dramatis pada tingkat degassing,” ujar Gaultieri. “Kelembapan juga meningkatkan perubahan kimia dan fisik dalam kopi,” lanjutnya.

Kopi yang disimpan dalam ruang lembab dan suhu meningkat dapat memberikan perubahan rasa yang tak diinginkan. Seperti asam dan aromanya menjadi tengik.

3. Jauhkan dari Sinar Matahari

Selain harus dijauhkan dari tempat yang panas dan lembab, kamu juga tak boleh menyimpan kopi di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Karena dapat menimbulkan dampak buruk pada kesegaran kopi.
Apalagi kalau kamu menyimpan kopi dalam wadah yang bening. “Menyimpan kopi dalam wadah bening di bawah sinar matahari langsung pada dasarnya menyebabkan efek rumah kaca” jelas Gaultieri.

“Sama seperti mobil yang diparkir di hari yang terik, cahaya akan masuk ke dalam stoples dan memanaskan isi wadah. Akhirnya aroma dan rasa kopi menjadi tak segar lagi,” imbuhnya.

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.