Dayah Berkembang Pesat di Kota Banda Aceh

Perkembangan Dayah di Banda Aceh saat ini sudah sangat pesat, oleh karena itu sangat butuh perhatian pemerintah untuk membantu perkembangan ini agar dapat membentuk karakter islami dalam masyarakat.

Hal demikian disampaikan Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa`aduddin Djamal membuka acara Rapat Koordinasi Pimpinan Dayah Kota Banda Aceh, Senin (4/10/2017) di Aula Madani Balai Kota Banda Aceh.

Acara ini diselenggarakan Dinas Pendidikan Dayah (DPD) Kota Banda Aceh yang dihadiri oleh unsur pimpinan dayah se kota Banda Aceh dengan tema `Revitalisasi Dayah dan Kemandirian Ekonomi Dayah serta melahirkan Santri Berwawasan Internasional dan Berkepribadian ke-Acehan`.

Ia berharap DPD Kota Banda Aceh segera membuat database Dayah-dayah yang ada di seluruh kota Banda Aceh. Ini akan membantu siapa saja ingin mengetahui profil Dayah dapat melihat di website. “Banda Aceh sudah menjadi Cyber City, ini telah kita terapkan di seluruh mesjid dengan membuat website, dan ini juga harus diterapkan di Dayah,” harapnya.

Selain itu, Illiza mengatakan sisi ekonomi juga sangat perlu diperhatikan untuk membentuk kemandirian ekonomi Dayah. Hal ini dapat diterapkan dengan membuat pelatihan pemberdayaan ekonomi bekerjasama dengan dinas-dinas terkait. “Jika telah mandiri di sisi ekonomi, ini akan membantu kelancaran proses pendidikan dan dakwah,” imbuhnya.

Dalam rapat koordinasi ini Illiza berharap lahirnya sebuah organisasi untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi antar Dayah maupun dengan pemerintah. Hal ini juga akan membantu DPD untuk mengetahui apa kebutuhan dan kekurangan Dayah yang perlu dibenahi.

Sementaraitu Plt kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, Zahrul Fajri melaporkan sejumlah 29 pimpinan Dayah dari seluruh kota Banda Aceh mengikuti rapat ini.