BMKG Aceh Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Buruk

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, mengeluarkan peringatan dini mengenai cuaca buruk diperkirakan melanda wilayah Aceh dalam tiga hari ke depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi (Kasidatin) BMKG Blang Bintang Zakaria di Banda Aceh, Senin, mengatakan, peringatan dini cuaca buruk tersebut disampaikan menyusul diprediksinya hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat serta disertai petir.

“Hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat akan terjadi di sejumlah daerah di provinsi Aceh sampai tiga hari ke depan. Kami mengimbau masyarakat untuk waspada,” kata Zakaria.

Zakaria menyebutkan  potensi curah hujan ringan hingga sedang untuk tiga hari ke depan meliputi wilayah Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie bagian utara, Pidie Jaya bagian utara, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara dan Aceh Tenggara.

Sedangkan berpotensi hujan sedang hingga lebat meliputi wilayah Pidie bagian tengah/selatan, Pidie Jaya bagian selatan, Aceh Barat, Aceh Barat Daya dan Simeulue.

Kemudian, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Tengah, Gayo Luwes, Bener Meriah, Aceh Tamiang, Aceh Timur dan Sebagian Aceh Utara bagian timur.

“Hujan yang terjadi di seluruh Aceh disebabkan adanya sirkulasi sinklonik di Samudera Hindia bagian barat. Siklus ini akibat besarnya gaya tarik udara dari Samudera Pasifik menuju Samudera Hindia bagian barat daya Aceh.

Menurut dia, akibat gaya tarik tersebut menyebabkan terjadi konvergensi masa udara serta terjadinya pertumbuhan awan konveksi untuk wilayah Aceh yang menyebabkan provinsi ujung barat Pulau Sumatra tersebut diguyur hujan.

Terkait intensitas hujan tersebut, kata dia, BMKG Aceh menghimbau masyarakat, terutama yang berada di bantaran sungai supaya lebih hati-hati akan bencana banjir bandang dan banjir genangan.

Sedangkan potensi angin kencang dan gelombang tinggi, kata dia, masih dalam batas aman dalam tiga hari ke depan. Namun begitu, masyarakat harus mewaspadai angin kencang pada saat lima hingga 10 menit ketika hujan akan turun.

“Masyarakat di perbukitan atau pegunungan, juga harus hati-hati akan bahaya longsor. Begitu juga pengguna jalan, agar waspada terhadap jalan licin,” kata Zakaria. Antara