Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Dinilai Cukup Sukses

0
78

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah berlangsung selama dua hari (Senin-Selasa) dinilai cukup sukses. Tahun depan, sekolah yang melaksanakan UNBK diharapkan semakin banyak.

Hal demikian disampaikan Ketua Komisi D DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar saat mengunjungi pelaksanaan Ujian Nasional pada sejumlah sekolah di Banda Aceh.

Pada hari pertama UN, Komisi D DPRK memantau pelaksanaan UN Berbasis komputer di SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 4 Banda Aceh, sementara pada Selasa (05/04) Komisi D mendatangi SMA Negeri 8 dan SMA Negeri 16 Banda Aceh yang melaksanakan Ujian Nasional secara manual.

Farid menyebutkan pelaksanaan Ujian Nasional baik berbasis komputer maupun manual berlangsung lancar tanpa kendala, termasuk arus listrik yang sempat dikhawatirkan sebelumnya. Diakuinya, siswa yang mengikuti UNBK terlihat cukup bersemangat.

“Hasil pemantauan Komisi D baik ujian manual dan komputer berlangsung lancar dan siswa kita cukup siap, kita harap hasilnya juga memuaskan,”ujarnya.
Selain itu diakui Farid, pihaknya mendukung agar tahun mendatang jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK semakin banyak, karena selain memudahkan siswa, proses penerimaan soal juga tanpa harus melalui distribusi soal yang rawan kebocoran.

“Kita sangat mendukung, kalau tahun ini sukses maka tahun depan bisa ditingkatkan, karena kalau manual potensi kebocoran soal bisa terjadi dan memakan anggaran yang sangat besar untuk distribusi soal,”lanjutnya lagi.

Namun diakuinya untuk semua sekolah mengikuti UNBK masih ada kendala utama yaitu ketersediaan fasilitas, namun dengan akan dikelolanya SMA oleh pemerintah provinsi kendala tersebut diharapkan bisa teratasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.