BPKS Terima Hibah Solar Cell dari Korea

SABANG-Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang, baru-baru ini menerima hibah perangkat energi Solar Cell dari Perusahaan Patungan asal Korea.

Hibah perangkat energi terbarukan merupakan kerja sama antara Kwangmyung Electric dan BPKS melalui perusahaan patungan dua

lembaga tersebut yakni PT Sabang Mirae Energy.

Kepala BPKS, Fauzi Husin mengatakan, hibah yang d

iterima oleh BPKS yakni berupa perangkat energi dengan daya sebesar 3 Kilo watts yang di aplikasikan di Kantor Pusat BPKS, Kota Sabang.

” Ini pilot project untuk menggunakan energi baru dan terbarukan dengan pemanfaatan tenaga matahari,” ujar Kepala BPKS Fauzi Husin saat didampingi oleh Direktur Promosi BPKS, Agus Salim.

Dengan telah beroperasinya solar cell di BPKS ini, diharapkan nantinya lembaga negara ini akan mengemat energy listrik pada siang hari sebesar kurang lebih 3KW x 7 jam perhari, dari pemakaian normal yang selama ini menggunakan daya listrik supply dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

” Dengan adanya hibah Solar cell Korea itu, merupakan contoh dan dapat menjadi inisiasi bagi kita untuk selalu memulai pembangunan pemanfaatan Energy baru terbarukan, seperti Solarcell, tenaga angin dan gelombang atau arus laut, dan lainnya,” jelas Fauzi.

Sebelumnya, Fauzi mengatakan, hibah ini direalisasikan setelah adanya penandatanganan perjanjian donasi yang dinamakan ” The Letter of Donation Pledge” pada tahun 2014, pemasangan dilakukan pada Februari 2015 dan dioperasionalkan pada September 2015.

Penandatangan itu dilakukan oleh Kepala B

mudahan-kemudahan yang dimiliki kawasan Sabang.

” Kita berharap, Sabang akan dilirik oleh Investor dengan harapan akan tumbuhnya investasi di sektor energy, pelabuhan, pariwisata, perdagangan dan perikanan,” ujar Fauzi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads