Pemko Banda Aceh Gagas Sejumlah Kerjasama dengan Unsyiah

0
55

Pemerintah kota Banda Aceh menerima kunjungan dari pihak Universitas Syiah Kuala di Balaikota, Selasa (28/08). Kunjungan itu dalam rangka untuk membicarakan sejumlah bidang yang mungkin dikerjasamakan

Rektor Unsyiah Samsul Rizal mengatakan, ada sejumlah bidang yang mungkin dapat dikerjasamakan dengan Pemeritah Kota Banda Aceh, seperti peningkatan akses pendidikan, pelayanan kesehatan masyarakat, bidang pengabdian kepada masyarakat, kerjasama pelaksanaan strategi pengendalian dan test pengukuran kemajuan prsetasi altlet, bidang transportasi, bidang waste manajemen dengan sanitary land fill dan kerjasama pengembangan rumah budaya dan ekonomi kreatif.

Sementara itu, Walikota Banda Aceh menyambut baik rencana kerjasama ini. Katanya, meski selama ini Pemko dan Unsyiah sudah sering menjalin kerjasama, seperti di bidang kesiapsiagaan bencana melalui Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDRMC) Unsyiah. Namun, kata Illiza kerjasama selama ini masih bersifat informal dan belum dilakukan dalam sebuah nota kesepahaman (MoU).

Kepada pihak Rektorat, Illiza mengatakan antara kedua tim masih perlu melakukan pertemuan lanjutan guna membahas lebih dalam bentuk kerjasama tersebut.

“Sepertinya mesti kita lakukan pertemuan-pertemuan lanjutan, terutama untuk membahas hal-hal yang bersifat teknis,” ujar Illiza.

Kata Illiza, bidang transportasi merupakan hal yang sangat penting yang harus dipecahkan di Banda Aceh, mengingat perkembangan jumlah kenderaan tidak sebanding lagi dengan pembangunan ruas jalan.

“Tahun ini kita akan operasikan 32 Bus Way dari 92 unit yang kita rencanakan. Kita utamakan dua koridor dulu, Koridor satu dari Kota ke Darussalam dan koridor dua dari Pelabuhan Ulee Lheu ke Bandara SIM. Target kita untuk mengurangi kemacetan di Banda Aceh,”  ungkap Illiza.

Selain itu, dalam waktu dekat, Banda Aceh akan memulai pekerjaan sejumlah proyek besar, seperti pembangunan Fly Over Simpang Surabaya, pembangunan Under Pass dan pembangunan Banda Aceh Madani Education Center (BMEC).

“Terkait dengan sejumlah program ini, kita ingin pihak Unsyiah ikut membantu dan memberi masukan-masukannya,” tambah Illiza.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.