Sahabat Gajah : Gajah Mati Kehilangan Gading

0
82
Gajah sumatera mati kehilangan gading/viva

Terbunuhnya 3 ekor gajah sumatera pada awal September 2014 lalu di Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Timur dalam kondisi kehilangan gading  menambah daftar panjang kematian gajah Sumatera di provinsi Aceh. Setidaknya dalam 3 tahun terakhir Aceh telah kehilangan 30 ekor gajah yang sebagian besar mati karena dibunuh.

Menyikpi hal itu Lintas komunitas di Aceh yang tergabung dalam Gerakan Indonesia Sahabat Gajah menyerukan pemerintah dan masyarakat tidak hanya di Aceh, untuk bahu membahu menghentikan pembunuhan gajah sumatera.

”Kami khawatir gajah-gajah sumatera di Aceh sudah menjadi target para pemburu gading, dan ini dibiarkan begitu saja terjadi. Ini jadi tanggung jawab dan kepedulian bersama, tetapi kami meminta kepada otoritas yg berwenang untuk mengambil tindakan tegas dan menghukum para  pembunuh gajah  di Aceh,” kata koordinator Aksi damai di depan Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat,M. Syafri Al Hayat.

Gerakan Indonesia Sahabat Gajah medesak pemerintah mengusut tuntas dan menindak tegas pembunuh gajah di Aceh dan memburu para pedagang gading, serta sindikat dan jaringan yang mendukungnya.

“Kejadian ini sesungguhnya sangat kontradiktif dan cukup memalukan Indonesia di mata dunia mengingat pemerintah Indonesia selalu mendengungkan pentingnya menjaga kelestarian kehidupan hutan. Gajah dilindungi menurut undang-undang di Indonesia, tapi mereka dibunuh dengan brutal.”lanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.