Prabowo-Hatta Ungguli Jokowi-JK di Banda Aceh

0
74
Prabowo-Hatta

Pasangan capres dan cawapres nomor urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul dan memenangkan pemilu presiden 9 Juli 2014 di Kota Banda Aceh. Keunggulan itu diketahui setelah KIP Kota Banda Aceh menggelar rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilu presiden, Rabu.

Rapat pleno dipimpin Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh Munawar Syah serta dihadiri para komisioner lembaga penyelenggara pemilu tersebut.

Ketua KIP Kota Banda Aceh Munawar Syah mengatakan, hasil perhitungan rekapitulasi suara, pasangan Prabowo-Hatta Rajasa unggul 56 persen atau 45.823 suara. Sedangkan pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, kata dia, hanya memperoleh 36.003 suara atau 44 persen dari total suara sah sebanyak 81.826 suara.

“Dari hasil rekapitulasi, pasangan Prabowo-Hatta Rajasa unggul di seluruh kecamatan di Kota Banda Aceh. Di Kota Banda Aceh sendiri ada sembilan kecamatan,” ungkap Munawar Syah.

Dari sembilan kecamatan, lanjut dia, kemenangan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa terbanyak diraih di Kecamatan Kuta Alam. Pasangan nomor urut satu ini meraih 8.282 suara. Sedangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya meraih 6.568 suara.

Di Kecamatan Baiturrahman, Prabowo-Hatta meraih 6.679 suara dan Joko Widoda-Jusuf Kalla memperoleh 5.561 suara. Di Kecamatan Syiahkuala, Prabowo-Hatta Rajasa memperoleh 6.280 suara dan Joko Widodo-Jusuf Kalla meraih 4.618 suara.

Begitu juga di Kecamatan Bandaraya, pasangan Prabowo-Hatta Rajasa mengungguli pasangan nomor urut dua Joko Widodo-Jusuf Kalla. Di kecamatan ini, Prabowo-Hatta meraih 5.642 suara dan Joko Widodo-Jusuf Kalla memperoleh 3.709 suara.

Di Kecamatan Ulee Kareng, pasangan Prabowo-Hatta mendapat 5.028 suara dan Joko Widodo-Jusuf Kalla meraih 3.950 suara. Sedangkan di Kecamatan Jaya Baru, Prabowo-Hatta unggul dengan perolehan 4.594 suara dan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya meraih 3.471 suara.

Kemenangan serupa juga diraih pasangan Prabowo-Hatta di Kecamatan Lueng Bata dengan perolehan 4.387 suara dan Joko Widodo hanya meraih 3.644 suara.

Sedangkan di Kecamatan Meuraxa, Prabowo-Hatta menang tipis, meraih 3.215 suara dan Joko Widodo-Jusuf Kalla memperoleh 3.080 suara. Serta di Kecamatan Kutaraja, Prabowo-Hatta juga menang tipis dengan meraih 1.716 suara dan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapat 1.702 suara.

“Hasil perhitungan rekapitulasi suara pemilu presiden di Kota Banda Aceh ini akan kami serahkan ke KIP Aceh. Rencananya, KIP Aceh akan menggelar rapat pleno rekapitulasi suara pilpres pada 18 dan 19 Juli mendatang,” kata Munawar Syah.(republika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.