KPU Izinkan Penggunaan Kardus Sebagai Bilik Suara

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Husni Kamil Malik meminta KIP di provinsi Aceh untuk berkoordinasi terhadap kesiapan logistik pemilu menjelang pemilu April 2014, KPU berharap persoalan logistik selesai pada bulan Januari ini.

Hal demikian dikatakan ketua KPU Pusat saat meresmikan tujuh kantor KIP di Provinsi Aceh, Jum’at (17/01/2014).

Husni menyebutkan informasi yang diterima KPU pusat dari KIP Aceh dan KIP kabupaten/kota kebutuhan logistik khususnya kotak suara dan bilik suara sudah terpenuhi, namun demikian ia meminta agar KIP segera melaporkan jika ada kekurangan logistik.

Untuk kebutuhan bilik suara yang kurang, KIP provinsi diizinkan  memakai plastik atau karton, dengan asumsi bisa untuk tiga kali pemilu, pemilu legislatif, pilpres putara1 dan putaran 2. Hal itu juga untuk mengurangi beban gudang disetiap kantor KIP serta untuk menghemat penggunaan anggaran

“Kebutuhan KIP sudah kami penuhi, sekarang prosesnya adalah distribusi dari KIP Aceh ke KIP kabupaten /kota, dan harus ada laporan balik dari setiap KIP kabupaten/kota ke KIP provinsi jika ada kekurangan, karena logistic yang menyangkut kotak suara dan bilik suara seharusnya Desember sudah tuntas”ujarnya.

Husni menambahkan khusus logistik lain seperti surat suara, tinta, segel dan formulir  memang belum di distribusi karena masih dalam proses pengadaan.
Husni menyebutkan untuk surat suara diperkirakan akan sampai kedaerah pada bulan Maret 2014.

Husni berharap KIP Aceh dan KIP kabupaten kota diseluruh Aceh, untuk segera mempersiapkan semua keperluan menjelang pemungutan suara pada April 2014, termasuk mendata kebutuhan-kebutuhan logistik yang belum terpenuhi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads