Sekda : Kualitas PTS Di Aceh Masih Dibawah Rata-Rata

0
43
Sekda Aceh Dermawan selepas dilantik oleh Gubernur Aceh/salman iqbal

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Dermawan menyebutkan kehadiran lembaga Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah XIII Aceh tidak terlepas dari usaha pemerintah Aceh melobi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemerintah Aceh meminta agar Mentri Pendidikan dan Kebudayaan  menghadirkan kopertis sendiri bagi Aceh mengingat  jumlah PTS di Aceh saat ini sudah mencapai 107 PTS.

Hal demikian dikatakan Sekda Aceh Dermawan pada peresmian Kopertis Wilayah XIII Aceh, Kamis (16/01/2014).

Dermawan mengatakan selama ini seluruh PTS di Aceh tunduk ke Kopertis I Medan, padahal di Sumatera Utara sendiri jumlah PTS mencapai 254 PTS, hal itu menyebabkan koordinasi PTS di Aceh ke Kopertis I Medan tidak Efektif. Dermawan berharap kehadiran kopertis wilayah Aceh benar-benar dimanfaatkan oleh PTS di Aceh agar bisa lebih berkembang.

“Ini berkat prakarsa pemerintah Aceh, karena selama ini kita harus koordinasi ke Medan, untuk tahap awal ini semua akan difasilitasi oleh pemerintah Aceh”  lanjutnya.

Dermawan menambahkan saat ini kualitas perguruan tinggi swasta di provinsi Aceh masih dibawah rata-rata, bahkan ada beberapa kampus yang hanya menghandalkan satu pintu ruko dan izin dikti saja. Disamping itu tidak sedikit PTS di Aceh yang belum terkreditasi.

Sementara itu Dirjen pendidikan tinggi kementrian pendidikan dan kebudayaan RI Joko Santoso berharap dengan dialihkannyaPerguruan Tinggi SWASTA (PTS) di Aceh dari Kopertis I Medan ke Kopertis XIII Aceh,  perguruan tinggi swasta di Aceh bisa dikelola lebih baik lagi.

“Karena seluruh kewenangan PTS di Aceh yang selama ini dikelola oleh Kopertis Medan sudah sepenuhnya diserahkan kepada Kopertis XIII di Aceh, termasuk pelantikan koordinator Kopertis XIII Wilayah Aceh oleh Mentri Pendidikan dan kebudayaan beberapa waktu lalu”pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.