Malek Mahmud Kukuhkan Diri Menjadi Wali Nanggroe Ke IX

0
62
Proses pengukuhan Wali Nanggroe/Ist

Kumandang Azan mengawali pengukuhan Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar Senin (16/12/2013) pagi, Azan dikumandangkan oleh Muazzin Masjid Raya Baiturrahman Hamli Yunus setelah ketua DPR Aceh resmi membuka sidang paripurna Istimewa pengukuhan Wali Nanggroe Aceh.

Setelah Azan selesai dikumandangkan, Malik Mahmud Al-Haytar mengucapkan sumpah dihadapan Sidang paripurna dan ribuan undangan yang hadir.

Sementara itu tamu dari pemerintah pusat terutama pihak Kementrian Dalam Negeri tidak terlihat hadir pada pengukuhan pria kelahiran Singapura pada 23 Maret 1939  tersebut

Sementara diluar DPR Aceh ribuan warga ikut menyaksikan berlangsungnya acara pengukuhan, warga yang membawa bendera bintang bulan itu hadir dari berbagai daerah diseluruh Aceh.

Selain itu Pengukuhan Malik Mahmud Al Haytar sebagai Wali Nanggroe ikut dihadiri Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Azwar Abubakar, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Farhan Hamid, dan anggota DPR RI M. Nasir Djamil.

Sementara itu Kepala Biro Hukum Kemendagri Zudan Arif Fakhkrullah menyebutkan Kementerian Dalam Negeri  tetap melarang pelantikan Wali Nangroe Aceh.

Zudan mengatakan, Kemendagri belum mendapatkan hasil perbaikan atas klarifikasi yang diberikannya atas Qanun Nomor 8 Tahun 2012 tentang Lembaga Wali Nangroe, pemerintah pusat menurutnya masih tetap pada sikapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.