Orangutan Temuan Warga Dievakuasi

Orangutan yang ditemukan warga Desa Mane, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie dua hari lalu,  telah dievakuasi  oleh BKSDA, Polsek Mane, SOCP, OIC, FORA, Bath #3 COP School serta dibantu oleh warga Mane.

Orangutan tersebut sebelumnya ditemukan seorang warga desa yang akan pergi berkebun dan berjarak sekitar 50 meter dari rumah warga setempat.

Ratno Sugito dari Forum Orang Utan Aceh (FORA)  menyebutkan kondisi Orangutan tersebut dalam keadaan lemas dengan luka di sekitar pinggang serta lembam di lengan kiri.

Tokoh pemuda Desa Mane, Mukhlis menyatakan, pihaknya berharap kelak setelah Orangutan pulih dan dilepaskan kembali di wilayah sekitar desa mereka, karena ia yakin, selain Orangutan yang ditangkap tersebut masih ada Orangutan lainnya di sekitar wilayah desanya, sehingga mereka bangga dengan adanya Orangutan yang merupakan salah satu satwa yang dilindungi oleh negara.

Sementara itu Sulaiman, Mukim Mane menjelaskan, awalnya Orangutan ada sepasang (jantan dan betina). Tapi beberapa tahun lalu seorang masyarakat menjumpai salah satunya mati dalam hutan.

Berita Terkait

Berita Terbaru