Pengibaran Bendera Aceh Diiringi Azan

Prosesi menaikkan bendera Aceh akan di iringi oleh Suara Azan, sebagaimana lazimnya Pengibaran Bendera Merah Putih yang di iringi dengan lagu Indonesia Raya, penggunaan Azan dilakukan sementara waktu sambil menunggu selesainya pembahasan qanun tentang Himne Aceh di DPR Aceh.

Anggota Komisi A DPR Aceh Abdullah saleh mengatakan Bendera Aceh akan dinaikkan pada semua kantor pemerintah dan sekolah-sekolah, sedangkan untuk rumah penduduk hanya dinaikkan pada waktu-waktu tertentu saja, menurutnya pengibaran bendera Aceh dilakukan berdampingan dengan bendera merah putih namun untuk bendera Aceh tingginya lebih rendah dari pada bendera merah putih.

“pengibaran bendera Aceh ini berdampingan dengan bendera negara, untuk menaikkan merah putih kan pakai lagu Indonesia Raya, nah untuk bendera Aceh diiringi suara azan karena kita belum ada himne atau lagu Aceh”lanjutnya.

Abdullah saleh menambahkan bendera Aceh sudah sah dikibarkan setelah dimasukkan kedalam lembaran daerah Aceh.

Menurut Abdullah Saleh setelah dimasukkan kedalam lembaran Aceh, pemerintah Aceh juga akan melaporkan qanun bendera tersebut ke Kementrian Dalam Negeri.

Untuk setiap sekolah, dibuat ketentuan menaikkan dua bendera sekaligus pada upacara hari Senin, setelah menaikkan bendera merah putih, upacara dilanjutkan dengan menaikkan bendera Bintang Bulan. Sedangkan pada hari-hari lain proses menaikkan bendera sama dengan proses menaikkan bendera merah putih.

Sementara itu pasca disahkan oleh DPR Aceh Jum’at akhir pekan lalu, bendera bulan bintang sudah mulai dikibarkan disejumlah daerah di Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads