Ibukota Aceh Besar Akan Dipindah

0
45

Pemerintah Aceh Besar mulai mengambil ancang – ancang untuk memindahkan Ibu Kota Kabupaten Aceh Besar, yaitu Kota Jantho yang tidak kunjung berkembang selama kurun waktu 25 tahun terakhir. Adapun daerah – daerah yang dinilai cocok untuk Ibu Kota Kabupaten Aceh Besar adalah wilayah Blang Bintang atau Indrapuri.

Wakil Bupati Aceh Besar, Anwar Ahmad mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pengkajian – pengkajian lebih mendalam mengingat perlu dana yang cukup besar untuk membangun sebuah kota baru, pihaknya telah menganggarkan dana 1 Milyar Rupiah untuk pengkajian lebih lanjut.

“Itu nanti kalau ada kemungkinan pemindahan Ibu Kota, jadi ini juga cikal bakal, jadi kita lakukan pengkajian terlebih dahulu jangan seperti Jantho sudah 25 tahun tidak berkembang, pemindahannya bisa ke Indrapuri atau Blangbintang” katanya.

Anwar menambahkan selain Indrapuri, wilayah yang cocok adalah Blang Bintang, mengingat Blang Bintang sangat strategis untuk menghubungkan dengan sejumlah kecamatan di Aceh Besar, seperti Krueng Raya, Montasik, Kuta Baro dan Ingin Jaya.

Keberadaan Ibu Kota Aceh Besar di Jantho memang kerap menimbulkan protes dari masyarakatnya, mengingat susahnya akses masyarakat kesana, hal itu dikarenakan luasnya wilayah Aceh Besar, sehingga masyarakat Kecamatan Lhoong, Pulau Aceh atau Krueng Raya membutuhkan waktu yang lama untuk mencapi Ibu Kota Kabupaten. (im)


 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.