UIN Ar-Raniry Wisuda 808 Lulusan

0
5

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 808 wisudawan dari jenjang program sarjana, magister, dan doktoral, dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Gelombang II Tahun 2024 yang berlangsung di Gedung Auditorium Prof. Ali Hasjmy Darussalam, Banda Aceh, Selasa (28/5/2024).

Dari 808 lulusan tersebut, sebanyak 763 di antaranya adalah sarjana strata satu, 39 lulusan magister, dan 6 lulusan doktor. Delapan lulusan di antara mereka berasal dari Malaysia.

Rektor UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman, menyampaikan ucapan selamat kepada para lulusan atas pencapaian mereka dalam menyelesaikan pendidikan. Ia berharap agar mereka dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat Aceh, bangsa, dan negara.

“Semoga para lulusan yang diwisuda hari ini mampu memberikan banyak kebaikan dan manfaat bagi masyarakat Aceh, bangsa, dan negara ini,” ujarnya.

Mujiburrahman juga mendorong para wisudawan untuk terus mengembangkan diri setelah menyelesaikan pendidikan. Menurutnya, kehidupan seseorang haruslah berkembang seiring bertambahnya usia dan tingkat pendidikan.

“Dahulu kita seperti bayi yang hanya menghuni kasur kecil. Namun, seiring berjalannya waktu, ruang hidup kita semakin luas. Hal yang sama berlaku bagi Anda yang sebelumnya hanya seorang mahasiswa dan kini menjadi sarjana. Perbesar ruang hidup Anda, jangan berhenti hanya pada gelar sarjana. Ruang besar inilah yang akan menentukan kehidupan Anda di masa depan,” tuturnya.

Rektor juga menegaskan bahwa wisuda bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan awal dari fase baru yang dipenuhi dengan tantangan dan peluang.

“Wisuda ini bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan yang baru. Teruslah belajar, teruslah berkembang, dan jangan pernah berhenti bermimpi,” tambahnya.

Sebelumnya, dalam laporan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Muhammad Yasir Yusuf, menyebutkan bahwa dari 808 wisudawan, 267 di antaranya adalah laki-laki dan 541 perempuan.

Dari keseluruhan jumlah wisudawan, 202 di antaranya meraih predikat Cumlaude, 232 lulus dengan pujian, 362 memperoleh predikat sangat baik, dan 12 lainnya meraih predikat baik.

Muhammad Yasir Yusuf juga menjelaskan bahwa dengan bertambahnya 763 lulusan sarjana, 39 lulusan magister, dan 6 lulusan doktor, jumlah alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh kini mencapai 57.833 orang.

Secara rinci, dari 763 lulusan sarjana strata satu, berasal dari berbagai fakultas, termasuk Fakultas Syari’ah dan Hukum dengan 214 lulusan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan 226 lulusan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat dengan 37 lulusan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan 59 lulusan, dan Fakultas Adab dan Humaniora dengan 29 lulusan.

Selain itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam meluluskan 59 lulusan, Fakultas Sains dan Teknologi dengan 80 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan dengan 37 lulusan, dan Fakultas Psikologi dengan 22 lulusan.

Munawarah, lulusan terbaik dengan IPK 3,90 dari Prodi S1 Aqidah dan Filsafat Islam pada Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry, menyampaikan kesan pesan mewakili rekan-rekannya.

Pada kesempatan tersebut, UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga memberikan penghargaan kepada 11 lulusan terbaik dari masing-masing fakultas dan pascasarjana. [ ]

Berikut adalah daftar lulusan terbaik:

  1. Khairul Umam, S3 Pendidikan Agama Islam, IPK 4,00 (Cumlaude)
  2. Cut Nyak Marlina, S2 Pendidikan Agama Islam, IPK 3,97 (Cumlaude)
  3. Teuku Fahmi Rifqi, S1 Hukum Keluarga (Akhwal Syahsiyyah), IPK 3,86 (Cumlaude)
  4. Rahmatan Islami, S1 Pendidikan Biologi, IPK 3,91 (Cumlaude)
  5. Munawarah, S1 Aqidah dan Filsafat Islam, IPK 3,90 (Cumlaude)
  6. Nabila Annisa, S1 Bimbingan dan Konseling Islam, IPK 3,81 (Cumlaude)
  7. Rahil Maghfirah, S1 Bahasa dan Sastra Arab, IPK 3,90 (Cumlaude)
  8. Mulia Sarina, S1 Ekonomi Syariah, IPK 3,92 (Cumlaude)
  9. Andika Putra, S1 Teknologi Informasi, IPK 3,70 (Cumlaude)
  10. Dina Hanifa, S1 Ilmu Administrasi Negara, IPK 3,86 (Cumlaude)
  11. Hidayatunnisa Aifan, S1 Psikologi, IPK 3,88 (Cumlaude).