Zahra Gallery: Mengubah Limbah Daur Ulang Menjadi Kerajinan Bernilai Tinggi

Disaat kesadaran akan lingkungan semakin meningkat, peluang usaha kerajinan dari limbah industri semakin terbuka lebar.

Memanfaatkan limbah untuk di daur ulang menjadi produk yang berguna adalah inovasi cerdas karena menggabungkan tanggung jawab lingkungan dengan mendaur ulang dan menggunakan kembali limbah tersebut.

Selain itu terdapat potensi besar untuk menghasilkan karya seni yang unik dan bernilai di balik limbah yang sering dianggap sebagai masalah lingkungan. Peluang ini lah yang dilihat oleh Zahra Gallery.

Keresahan yang muncul karena isu iklim dan limbah industry yang terus bertambah menjadi titik balik ide usaha ini muncul, “berpikir, bagaimana mendaur ulang limbah yang belum terolah dengan baik menjadi produk yang bermanfaat dan fungsional” kata Zahra penggagas usaha ini.

Salah satu produk Zahra gallery adalah celengan yang dibuat dari limbah industri percetakan dan kain flannel, memiliki bentuk yang unik dan estetik seperti kue Tart, banyak diminati oleh kostumer cilik.

Selain Celengan juga ada produk lain seperti gantungan kunci, aksesoris dan yang terbaru adalah bros pin. Menariknya bentuk bisa dipesan sesuai keinginan.

Ujian dalam usaha juga dijumpai Zahra Gallery, puncaknya pada saat pandemi Covid-19, produksi dan penjualan mengalami penurunan drastis.

Berusaha bertahan di tengah kondisi pasar tak menentu hingga akhirnya, pada 2021 Zahra gallery bisa berproduksi kembali seperti semula dan membawa geliat semangat bagi Zahra dan suami untuk menambah produksi.

Hari ini, usaha kerajinan yang dibangun olehnya dan suami sejak tahun 2009 ini telah berhasil menjual produk mereka hingga ke luar Aceh dan meraih berbagai prestasi hingga Nasional, salah satunya juara tiga BSI Muslimpreneur 2023 kategori sustainable bisnis.

Melalui UMKM Center Community Zahra Gallery terus memberdayakan diri dan berinovasi untuk produksi yang lebih baik.

UMKM Center merupakan wadah atau komunitas untuk pelaku usaha binaan BSI sebagai tempat pelatihan, edukasi hingga menampung aspirasi dan juga tersedia akses marketnya, pembiayaan, segala yang dibutuhkan pelaku usaha untuk berkembang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads