Kolaborasi Antarinstitusi, MAN 4 Aceh Besar Sukses Gelar Madrasah Ramadan

Dalam upaya kolaboratif, MAN 4 Aceh Besar sukses menyelenggarakan Madrasah Ramadan, program pembelajaran intensif selama bulan Ramadan yang diikuti oleh pelajar kelas X dan XI.

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 18 hingga 30 Maret 2024 di Laboratorium Pendidikan Agama Islam MAN 4 Aceh Besar, Kamis 28/03/24.

Madrasah Ramadan merupakan program MAN 4 Aceh Besar dengan menghadirkan para praktisi dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Aceh, Direktorat Binmas Polda Aceh, UNICEF, Pimpinan Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kota Banda Aceh, DT Peduli, mahasiswa magang dari UIN Ar-Raniry, serta Komite MAN 4 Aceh Besar.

Madrasah Ramadan dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, kedisiplinan, dan kepedulian sosial melalui metode habituasi seperti tadarus Al-Qur’an, shalat Dhuha, dan sedekah setiap hari, serta sesi pembelajaran yang meliputi bimbingan, penyuluhan, tausyiah, sosialisasi dan kegiatan sosial.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, H Saifuddin SE. Kegiatan habituasi yang dilaksanakan rutinitas setiap hari adalah tadarus al-Quran, shalat dhuha dan sedekah kemudian dilanjutkan dengan bimbingan, penyuluhan, tausyiah, sosialisasi dan kegiatan sosial yang di isi oleh praktisi dan ahli di bidang masing-masing.

Rangkaian kegiatan pembelajaran bimbingan, penyuluhan, dan sosialisasi telah menghadirkan para pakar dan praktisi dengan berbagai isu, seperti Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba oleh Rosmazaleta SKM MSc Ketua Tim Pencegahan BNNP Aceh, kemudian Sosialisasi Pencegahan Kekerasan dan Bullying oleh Amrina Habibi SH MSi Kabid Pemenuhan Hak Anak pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Aceh, serta Bimbingan dan Penyuluhan Antisipasi Aksi Tawuran dan Begal dikalangan remaja oleh Syarifuddin SE MM Ditbinmas Polda Aceh.

Pembelajaran melalui tausyiah juga telah dilaksanakan, seperti tausyiah motivasi dengan tema “Kunci Sukses: Syukur dan Sabar” disampaikan oleh Dr Silahuddin MAg, seorang motivator, akademisi UIN Ar-Raniry yang juga tergabung dalam Komite MAN 4 Aceh Besar. Selain itu tausyiah Ramadhan Bulan Pendidikan oleh Ustaz Wahyu Rezeki SSosI MIKom dan Tausyiah Keutamaan Sedekah oleh Ustaz Khairul Asbah SH Ketua Tim DT Peduli Aceh.

Program madrasah ramadhan juga di isi oleh Mahasiswa Magang UIN Ar-Raniry dengan agenda workshop motivasi dan semangat belajar. Selain itu PC PMII Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Unicef juga melaksanakan Viral bersama Remaja Sehat Mental dan Sehat Iklim (VIBRASI).

Pembelajaran melalui kegiatan sosial juga dilakukan pembagian Paket Ramadan untuk orang tua/wali siswa MAN 4 Aceh Besar yang kurang mampu dan diserahkan oleh Tgk H Musannif SE SH, selaku Ketua Komite dan Munzir SPd MPd selaku Kepala MAN 4 Aceh Besar. Selain itu juga pembagian paket Festival Ramadhan yang merupakan program nasional yang diserahkan langsung oleh H Saifuddin SE sebagai Kakankemenag Aceh Besar.

Kegiatan sosial lainnya adalah “Bagi Takjil on the Road” yang diinisiasi dan sudah menjadi program prioritas tahunan OSIM MAN 4 Aceh Besar dilaksanakan 2 kali dalam bulan ramadan. Program Madrasah Ramadan ditutup dengan acara buka puasa bersama pada tanggal 28 Maret 2024.

Selain aktivitas belajar di dalam kelas, program ini juga melibatkan aksi-aksi sosial yang melibatkan siswa, guru, dan masyarakat setempat, menunjukkan pentingnya partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

Keberhasilan Madrasah Ramadan ini menegaskan pentingnya kolaborasi antarinstitusi dalam mengembangkan generasi muda yang berilmu dan berbudi pekerti luhur. Ini merupakan langkah penting dalam pendidikan karakter di MAN 4 Aceh Besar dan diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya di Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads