BI Perwakilan Aceh Bekerja Sama dengan TNI AL Luncurkan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023

0
81

Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Aceh bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut meluncurkan “Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023” di kota Sabang, Sabtu (09/09/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Perjanjian Kerja Sama antara Bank Indonesia dengan TNI AL mengenai pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang Rupiah dari dan ke Bank Indonesia atau Perwakilan BI serta Wilayah Perbatasan, Terdepan, dan Terluar serta Terpencil di NKRI.

Sebagaimana disampaikan oleh Danlanal Sabang Letkol Laut Soni Haji Hariyoko, yang membacakan sambutan Asisten Operasi Kepala Staf AL Laksamana Muda TNI Denih Hendrata, bahwa kerja sama strategis yang telah terjalin sejak 2012 silam ini telah mewujudkan 92 kali kegiatan penukaran uang yang menjangkau sebanyak 480 pulau.

Di tahun 2022 sendiri terdapat realisasi penukaran di 16 provinsi dan 81 pulau dengan nilai penukaran uang Rupiah sebesar Rp54,3 miliar.

Sejak tahun 2023 ini terdapat peningkatan intensitas menjadi 17 kali kegiatan di 17 provinsi dengan target kunjungan ke 85 pulau di wilayah 3T dengan tema “Ekspedisi Rupiah Berdaulat”.

TNI AL menggunakan KRI Cut Nyak Dhien 375 yang akan menempuh rute Pulau Weh, Pulau Nasi, Pulau Banyak, Pulau Simeulue, Pulau Breuh dan kembali ke Sabang dengan menempuh 657 NM.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang kelima belas kalinya dilakukan pada tahun 2023, hari ini di wilayah Barat Indonesia di Aceh kita melakukan pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 dengan melakukan kegiatan kas keliling 3T di Aceh,” ungkap Kepala Bank Indonesia perwakilan Banda Aceh Roni Widijarto di dermaga Angkatan Laut Sabang, 9 September 2023.

Bank Indonesia akan senantiasa memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar guna mendukung kelancaran aktivitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga untuk memastikan uang Rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu PJ Walikota Sabang Reza Fahlevi yang turut hadir dalam seremoni pelepasan kapal KRI Cut Nyak Dhien dalam misi “Ekspedisi Rupiah Berdaulat” di wilayah terluar Aceh ini mendukung sepenuhnya kegiatan ini karena dibutuhkan oleh masyarakat Sabang yang merupakan salah satu destinasi wisata.