DPRD Sumut Usulkan Putra Aceh untuk PJ Gubernur

0
288
Dr. Drs. Safrizal Z.A., M.Si.,

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara mengusulkan putra Aceh yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA, sebagai calon Penjabat Gubernur Sumatera Utara menggantikan Edy Rahmayadi yang akan berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023.

Selain Safrizal, DPRD Sumatera Utara juga mengusulkan dua nama lainnya masing-masing Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut Arief Sudarto Trinugroho, Deputi Penempatan dan Perlindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI Lasro Simbolon.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menyebutkan ketiga nama tersebut yang diusulkan pihaknya kepada Kementerian Dalam Negeri untuk kemudian dipilih sebagai PJ Gubernur Sumatera Utara.

Profil Dr. Drs. Safrizal Z.A., M.Si.,

Pria yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri sejak 27 Juli 2020 tersebut lahir di Aceh pada 21 April 1970.

Safrizal merupakan lulusan STPD dan memulai karir di pemerintahan Kabupaten Aceh Utara atau tepatnya sebagai sebagai lurah di Kota Lhokseumawe pada tahun 1994. Sebelum akhirnya hijrah ke Jakarta dan bertugas di Kementrian Dalam Negeri.

Karirnya lumayan cemerlang hingga dilantik sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri. Sebelumnya Safrizal juga pernah dipercayakan sebagai PJ Gubernur Kalimantan Selatan pada 15 Februrari 2021.