Prodi S-2 IAI UIN Ar-Raniry Raih Akreditasi Unggul

0
28

Program Studi Magister Ilmu Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih akreditas unggul, terhitung sejak tanggal 18 Januari 2023 sampai dengan 30 September 2026 mendatang.

Hal tersebut berdasarkan Sertifikat Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang diterbitkan di Jakarta pada 18 Januari 2023.

Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Prof Eka Srimulyani, PhD, Jumat (20/1/2023) mengatakan, berdasarkan Sertifikat Akereditasi BAN-PT nomor 9813/SK/BAN-PT/Ak.KP/M/I/2023 yang ditandatangani Direktur Dewan Eksekutif, Prof Ari Purbayanto, PhD menyatakan Program Studi Ilmu Agama Islam pada program magister UIN Ar-Raniry Banda Aceh memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul.

“Alhamdulillah tahun 2023 ini Prodi IAI Pascasarjana dapat meraih akreditasi unggul, ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas para akademisi di Lingkungan UIN Ar-Raniry, khususnya pada Pascasarjana UIN Ar-Raniry baik yang sedang memimpin maupun yang telah berkontribusi pada tahun sebelumnya,” ujarnya.

Prof Eka menyebutkan, predikat akreditasi unggul pada prodi IAI tersebut merupakan persembahan pertama dari Pascasarjana untuk universitas dalam rangka meraih akreditasi UIN Ar-Raniry Unggul pada awal 2024 mendatang.

Ketua Prodi Magister IAI, Dr Loeziana Uce, MAg mengungkapkan, bahwa program studi IAI ini merupakan satu-satunya prodi di Pascasarjana yang meraih akreditasi unggul, sejak dari beberapa tahun sebelumnya hanya mampu meraih pada peringkat A.
“Civitas akademika prodi IAI Pascasarjana berupaya keras untuk mendukung misi Rektor dalam rangka menjadikan UIN Ar-Raniry unggul di masa mendatang,” ujarnya.

Loeziana menambahkan, proses persiapannya telah dilakukan sejak awal 2021 dan seluruh syarat dan kelengkapan lainnya dikirim ke pihak BAN-PT pada bulan Mei 2021, selanjutnya pada tahun 2022 keluar akreditasi A. tim terus berusaha untuk melengkapi boring BAN-PT lainnya, sehingga pada awal 2023 Prodi IAI mampu meraih akreditasi Unggul.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman, MAg menyampaikan apresiasi kepada Prodi Magister IAI atas capaian mampu meraih akreditasi unggul. Hal tersebut merupakan prestasi yang membanggakan dalam rangka proses menuju akreditasi UIN Ar-Raniry Unggul di masa mendatang.

“Ini merupakan hasil yang dicapai atas kerja keras dan kerja cerdas civitas akademika UIN Ar-Raniry, khususnya Pascasarjana, untuk itu atas nama pimpinan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam pencapaian tersebut,” ucapnya.

Prof Mujiburrahman mengharapkan kepada pimpinan fakultas dan prodi lainnya di Lingkungan UIN Ar-Raniry agar termotivasi untuk meraih akreditasi unggu pada setiap prodi, semoga terus menyusul menyandang akreditasi unggul pada masa mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.