Komisi VIII DPR RI -Kemenag Aceh Bahas Soal Haji 2023

0
39

Komisi VIII DPR RI melakukan kunjungan kerja selama 2 hari di Aceh, sejak 16 – 17 Desember 2022, kunjungan ini dihadiri Wakil Ketua Komisi VIII, Hj Diah Pitaloka SSos MSi dan para anggota.

Pada kunker ini, DPR RI mengadakan pertemuan dengan jajaran Kanwil Kemenag Aceh, membahas persiapan pelaksanaan haji tahun 2023, pengembangan pendidikan pada pesantren dan madrasah.

Pada kunjungan di salah satu pesantren di Kabupaten Aceh Besar, Komisi VIII ini juga akan menyalurkan sejumlah bantuan kepada 5 pesantren di Aceh Besar. Selain itu mereka juga berziarah ke komplek makam Syiah Kuala di Banda Aceh.

Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg ikut mendampingi rombongan DPR RI mulai ketibaan hingga tuntasnya seluruh agenda kunker selama 2 hari ini.

Dalam pertemuan dengan Komisi VIII DPR RI, Kakanwil sampaikan poin-poin penting terkait perhajian, pendidikan, dan keumatan, Jumat (16 Desember 2022) di Aula Arafah UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh.

Tim DPR Pusat tiba pagi dan shalat Jumat di Masjid Al-Mabrur Asrama Haji.

“Semoga kunjungan Komisi VIII akan menambah semangat kami di Kementerian Agama Provinsi Aceh dalam berbuat dan terutama dalam penyelenggaraan ibadah haji 2023.” katanya di depan tamu dan jajaran Kanwil.

Hadir pula sebagai peserta dialog dari jajaran Kankemenag Banda Aceh, Aceh Besar, juga dewan guru dan KUA.

Selain menyampaikan dinamika, Kakanwil sampaikan data penting di lingkup Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Melalui Komisi VIII kami berharap madrasah swasta diperlakukan seperti madrasah negeri baik anggaran dan lain sebagainya.

Iqbal mengatakan pihak Kemenag berikhtiar melanjutkan pelayanan haji yang maksimal dan memuaskan.

“Untuk mewujudkan hal tersebut,juga dengan ditunjang adanya PLHUT yakni di 8 kabupaten/kota, sehingga pelayanan bisa prioritas dan fisik yang memadai,” ungkap Iqbal, dalam sambutan setelah sesi penyerahan mobil operasi ibadah haji.

Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Keistimewaan Aceh, SDM dan Hubungan Kerjasama Ir. H. Iskandar Syukri, MM, MT menyebutkan merasa senang dengan pelayanan haji dan kehadiran DPR RI di Aceh.

“Semoga ini menjadi semangat, kita harapkan juga biaya haji dari pemanfaatan pengelolaan dana haji semakin lebih baik, dan adanya penambahan kuota khusus untuk Aceh,” katanya.

Ia menjelaskan selama ini telah terbangun harmonisasi dan sinergi yang sangat baik antara Kanwil Kemenag Aceh dan pemerintah Aceh dalam melakukan berbagai program kegiatan bersama.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan bantuan musibah gempa Cianjur dari Pj Gubernur pada Wakil Ketua VIII DPR RI.

Kegiatan tersebut dihadiri Dewas dan Pelaksana BPKH, Pimpinan Baznas, Kepala UPT Asrama Haji, Baitul Mal Aceh dan sejumlah mitra komisi VIII lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.