Bakri Siddiq Ajak Warga Manfaatkan Perkarangan Rumah untuk Wujudkan Ketahanan Pangan

Penjabat Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq mengajak warga untuk melakukan budidaya pertanian dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah secara optimal guna menciptakan ketahanan pangan.

“Mari kita manfaatkan pekarangan rumah dengen menanan aneka tanaman konsumsi harian, misalnya sayur, cabai, tomat, bawang, dan kebutuhan lainnya untuk pemenuhan pangan rumah tangga,” kata Bakri Siddiq.

Pesan itu disampaikan pj wali kota saat pencanangan penanaman tanaman pangan di Gampong Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Kamis (24/11/2022).

Katanya, isu inflasi telah mempengaruhi daya beli dan menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Kita berharap dengan menghidupkan program pemanfaatan pekarangan keluarga seperti di Gampong Neusu Aceh ini, menjadi solusi permanen dalam mengatasi tingginya harga bahan pokok,” kata Bakri Siddiq.

Ia pun meminta kepada DPMG, Camat, dan Keuchik untuk mendukung penggunaan anggaran Dana Desa untuk ketahanan pangan hewani dan nabati. “Untuk gerakan ini, setiap keuchik bisa mengalokasikan 20 persen Dana Desa yang digunakan untuk pengembangan usaha pertanian,” sebutnya.

“Hal tersebut sesuai dengan amanat Perpres 104 Tahun 2021 dan Keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 82 Tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan di Desa,” demikian Bakri Siddiq.

Dalam kegiatan tersebut, Pj wali kota yang didampingi Kadis Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Samsul Bahri, Kadis DPMG Muhammad Syaifuddin Ambia, Camat Baiturrahman Rahmat Saiful Bahri, Keuchik Gampong Neusu Aceh Fauzi Usman juga berkesempatan melakukan tanam dan panen perdana di kebun warga tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini