Wisuda 1848 Mahasiswa, Rektor UIN Ar-Raniry Minta Alumni Menjadi Duta Kemajuan Universitas

0
41

Alumni Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh diharapkan menjadi duta dan mitra untuk kemajuan kampus di masa mendatang.

Hal itu disampaikan Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, MAg disela prosesi Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda semester genap tahun akademik 2021/2022 di Auditorium Prof Ali Hasjmy Kopelma Darussalam Banda Aceh, Senin (22/8/2022).

Prof Mujiburrahman mengajak para wisudawan untuk menjadi alumni sejati yang senantiasa menjaga nama baik almamater serta berkiprah sebagai duta dan mitra untuk kemajuan universitas di masa mendatang.

“Harapan kami kepada alumni yang telah diwisuda nantinya ketika kembali ke masyarakat dan dunia kerja mereka akan terus menjadi duta dan mitra kampus ditengah-tengah masyarakat, sebah keberadaan alumni sangat memiliki energi dan kemudian bersinergi dengan perguruan tinggi, merekalah yang mengkokohkan perguruan tinggi ke depan,”ujarnya.

Rektor menambahkan, keberadaan alumni juga diyakini akan membawa energi posistif kepada masayarakat, dimana informasi-informasi yang ada dikampus serta para alumni akan menjadi duta kampus untuk mempromosikan universitas, ini akan menambah minat masyarakat untuk menjadi bagian dari keluarga besar UIN Ar-Raniry di masa mendatang.

Untuk itu, Rektor Mujib menyatakan akan meningkatkan kapasitas layanan akademik, sesuai dengan target yang ingin dicapai oleh kampus jantong hate rakyat Aceh ini, bahwa pada tahun 2023 UIN Ar-Raniry akan meraih akreditasi perguruan tinggi unggul.

“Dengan akreditasi perguruan tinggi unggul, maka banyak fasilitas dan layanan bisa kita tingkatkan serta animo masyarakat untuk masuk ke UIN Ar-Raniry ini juga akan lebih meningkat lagi, dan diyakini ke depan UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan menjadi distinasi pendidikan baik lokal, nasional bahkan luar negeri” kata Mujib.

Lebih lanjut, Prof Mujiburrahman menyebutkan, semester Genap Tahun Akademik 2021/2022, UIN Ar-Raniry meluluskan 1.848 wisudawan program pascasarjana dan sarjana, 472 di antaranya lulus predikat Cum Laude, 461 orang memperoleh predikat Pujian, 843 orang memperoleh predikat sangat baik dan 72 orang memperoleh predikat Baik.

Prosesi wisuda tersebut dilaksanakan secara daring dan luring yang berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 22-24 Agustus 2022. Kapada lulusan UIN Ar-Raniry Rektor berharap para wisudawan harus tampil sebagai motor penggerak perubahan di tengah masyarakat dan menjadi lulusan yang berkualitas serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama perkembangan teknologi dan informasi.

“Saat ini anda akan memasuki dalam kehidupan bermasyarakat yang sangat hiterogen dan dinamis. Untuk itu, eksistensi anda sangat dibutuhkan sesuai dengan potensi yang anda miliki,” kata Prof Mujib dalam amanatnya dihadapan wisudawan, Senin (22/8/2022).

“Falsafah hidup yang menjadi pegangan kita yaitu Ilmu, Budi dan Bakti. Ini merupakan Golden Triangle (segitiga emas) yang saling berkaitan untuk mencapai kesempurnaan hidup. Seorang yang telah berilmu mesti ia semakin mulia akhlak dan karakternya, bukan sebaiknya semakin rusak moralnya, sombong dan takabur,”. Ucap Mujiburrahman.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Gunawan Adnan, MA PhD dalam laporannya menyebutkan pada rapat senat terbuka wisuda doktor, magister dan sarjana Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 berhasil meluluskan 1.848 lulusan, terdiri dari 11 orang lulusan Program Doktor, 96 lulusan Program Magister dan 1741 orang lulusan Program Sarjana.

Lebih lanjut, Gunawan merincikan bahwa pada semester ini Fakultas Syari’ah dan Hukum meluluskan 263 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 556 orang, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 113 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 147 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 121 orang.

Kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 245 orang, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 166 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan 81 orang, dan Fakultas Psikologi sebanyak 49 orang.

“Dengan bertambahnya 11 lulusan Doktor, 96 lulusan Magister, 1741 lulusan sarjana, maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh sampai saat ini berjumlah 50.593 lulusan,” kata Gunawan dalam laporan tertulis, Senin (22/8).

Sementara untuk lulusan paling banyak dalam wisuda Semester Genap kali ini , kata Gunawan adalah dari Prodi S1 Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yaitu sebanyak 74 orang, dan yang paling sedikit adalah dari S1 Studi Agama-Agama dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat yang meluluskan 1 orang lulusan.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UIN Ar-Raniry juga memberikan penghargaan (bungong jaroe) kepada 51 lulusan terbaik perwakilan dari setiap program studi serta para aktivis mahasiswa berprestasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.