UIN Ar-Raniry dan USK akan Tingkatkan Kegiatan Kolaborasi

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh dan Universitas Syiah Kuala berkomitmen akan meningkatkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan secara bersama antara kedua universitas tersebut.

Komitmen tersebut disampaikan saat kedua pimpinan kampus terbesar di Aceh yakni Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan melakukan kunjungan silaturrahim balasan ke UIN Ar-Raniry dan disambut langsung oleh Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman, MAg di ruang kerjanya, Rabu (17/8/2022).

Untuk diketahui, sebelumnya Rektor UIN Ar-Raniry Prof Mujiburrahman telah melakukan kunjungan silaturrahim ke kampus USK yang disambut langsung oleh Rektor USK Prof Marwan di ruang kerjanya pada Senin sore, 1 Agustus 2022 lalu.

Prof Marwan mengatakan, ada beberapa kegiatan penting yang dapat dilaksanakan secara bersama untuk mempererat silaturrahim kedua kampus ini. Misalnya, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, peringatan Hari Pendidikan Daerah pada 2 September nanti dan berbagai kegiatan lainnya.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman menyambut baik dan apresiasi atas kunjungan yang dilakukan Rektor USK bersama sejumlah pejabat ke kampus UIN Ar-Raniry, dengan harapan ke depan dua kampus terbesat di Aceh ini dapat berkolaborasi berbagai kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh ini.

“Ini merupakan peristiwa yang sangat bersejarah dan monumental bagi seluruh civitas akademika kedua kampus ini untuk menyusun sebuah perencanaan dalam melaksanakan beberapa kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama antara UIN Ar-Raniry dan USK di masa mendatang,” kata Mujiburrahman.

Prof Mujib menambahkan, bahwa kepercayaan yang diberikan sebagai pimpinan pada dua universitas terbesai di Aceh ini, USK dan UIN Ar-Raniry bertekat untuk mengembalikan ruh Darussalam sebagai Kota Pelajar dan Mahasiswa, yang merupakan cita-cita besar pada pendiri Kopelma ini untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang berkarakter islami, berakhlak mulia dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi.

“Ini merupakan tekat kita dalam menghidupkan kembali ruh Darussalam sebagai kota pelajar dan mahasiswa, ini semangat kebersamaan kita. Karena dulu ketika pendahulu kita membangun Koplema Darussalam, itu harapannya adalah semangat Kopelma dapat menumbuhkan semangat Darussalam, semangat kebersamaan antara USK, UIN Ar-Raniry dan Kampus Teungku Chik Pante Kulu itu adalah bersinergi dan kemitraan yang abadi untuk membangun pendidikan di Aceh,” ujarnya.

Rektor UIN Ar-Raniry mengharapkan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak untuk mewujudkan cita-cita mulia ini, sehingga apa yang diharapkan bersama dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Berita Terkait

Berita Terkini